oleh

Perdana, Beras Merauke Masuk Sorong dengan Tol Laut

-Ekonomi-140 views

SORONG – Tujuan Pemerintah dari hadirnya program Tol Laut untuk menurunkan disparitas harga antara kawasan barat Indonesia (KBI) dan kawasan timur Indonesia (KTI) dapat tercapai. Perdana, guna memudahkan pengiriman hasil pertanian antar wilayah di Papua dengan harga terjangkau dan mendapatkan subsidi harga dari Pemerintah, Tol Laut mengangkut beras hasil pertanian Kabupaten Merauke hingga tiba di Pelabuhan Sorong.
Pjs Kepala KSOP Kelas I Sorong, Stevie Manduapessy menjelaskan bahwa Kapal Logistik Nusantara 2 adalah kapal logistik yang menghubungkan Utara Papua sampai dengan Selatan Papua dengan membawa komoditas yang ada di utara didistribusikan ke selatan begitu juga sebaliknya dari selatan distribusikan ke selatan Papua.

”Dan hari ini (kemarin,Red) kami bersyukur kapal logistik Nusantara 2 bisa singgah dan mampir di pelabuhan Kota Sorong. Membawa barang bermuatan 36 ton yang terdiri atas beras dan kecap yang akan diturunkan di pelabuhan singgah yaitu pelabuhan Sorong,”jelasnya.
Dia menjelaskan bahwa selama ini beras untuk Sorong Raya didatangkan dari Kota Makassar dan Kota Surabaya. Namun kini beras dari Kabupaten Merauke bisa memenuhi kebutuhan di daerah Sorong Raya kabupaten-kabupaten yang ada di sekitarnya sehingga nantinya harganya bisa tersaingi, bisa menekan harga karena kita tahu bahwa tol laut ini merupakan subsidi dari pemerintah yaitu 30%.

” Jadi kalau masyarakat ataupun pengusaha yang ingin menggunakan jasa kapal tol laut, ada komoditas-komoditas yang diinginkan untuk menggunakan kapal tol laut. Itu bisa masuk pada aplikasi SITOLAUT kemudian booking kontainer. Jadi melalui sistem itu kita bisa mengetahui kontainer nomor sekian harganya berapa,” jelasnya.
Nahkoda KM Logistik Nusantara 2, Wilston Rudy mengatakan untuk kapal logistik Nusantara 2 ini dapat mengangkut 135 TEUs kontainer tetapi tergantung berapa banyak muatan yang tersedia di pelabuhan home base atau pelabuhan pengepul.

”Kita turunkan di Sorong ada 2 kontainer dan masing-masing berisi beras 24 ton dan kecap 12 ton. Nah informasi dari Bulog Merauke sudah tersedia 1.000 ton untuk proyeksi kedua untuk disalurkan ke Papua Barat dan Papua. Automatis next trip akan banyak kontainer yang akan kita muat,” katanya.
Lanjutnya rute KM Logistik Nusantara 2 yang ini merupakan trayek ke-19, yaitu dari pelabuhan homebase yakni Pelabuhan Merauke kemudian ke wilayah Kokas, menuju Sorong kemudian ke Biak kemudian ke Depapre Jayapura dan kembali ke homebase Merauke.
Sementara itu GM PT Pelindo IV Raplin Halid menambahkan bahwa tahun ini Kota Sorong mendapatkan kehormatan dengan menempatkan rute tol laut.

”Selama ini kita melayani angkutan peti kemas itu yang hanya bersifat komersial. Ini ada yang jalur subsidi yaitu tol laut. Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Papua Barat. Dari PT Pelindo sendiri kita siap full support, termasuk prioritas tambat untuk kapal-kapal tol laut. Kita harus support bahkan dengan diskon tarif,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed