oleh

Perangi Covid-19, RT/RW Diminta Berperan

-Metro-19 views

Peran RT/RW di masing-masing wilayah di Kota Sorong, dianggap penting dalam upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Sorong yang semakin meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu anggota DPRD Komisi I Kota Sorong, Gladys Hilda Hitayahubessy S.Ked kepada Radar Sorong di Kantor DPRD Kota Sorong, Kamis (8/10).

Menurut Gladys, peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Kota Sorong, salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sementara, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Sorong dinilai telah maksimal dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, terutama dengan adanya Surat Edaran Wali Kota Sorong yang baru saja dikeluarkan. 

“Satgas kami nilai sudah sangat maksimal untuk upaya pencegahan Covid-19 ini, tinggal masyarakat saja yang diharapkan dapat lebih mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya. 

Untuk itu, ia menilai peran RT/RW sangat pengting, karena sebagai bagian dari pemerintah yang lebih mengenal masyarakat di lingkungannya, RT/RW dapat mengajak masyarakat untuk lebih menerapkan protokol kesehatan. 

“Seperti misalnya ada yang kumpul-kumpul, pasti RT setempat tahu dan bisa mengimbau agar tidak ada kumpul-kumpul atau jaga jarak, patuhi protokol kesehatan, karena yang lebih tahu warganya adalah RT,” terang Gladys.

Dengan adanya peran RT/RW, diharapkan pencegahan penyebaran Covid-19 dapat dilakukan, karena saat ini Edawan Wali Kota tidak akan berjalan maksimal jika tidak dibarengi dengan kerja sama oleh seluruh pihak. 

Ia menilai dengan adanya aturan terkait denda bagi masyarakat yang tidak bermasker, menurutnya cukup menyulitkan masyarakat yang saat ini sudah cukup kesulitan dalam hal ekonomi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tetap menggunakan masker saat sedang berada di luar rumah.

“Kalau yang kami lihatkan, sudah ada transmisi lokal, jadi penting sekali untuk masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah,”imbuhnya.(nam) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed