oleh

Perang Seafood Saos Padang jadi Primadona

-Ekonomi-69 views

Beragam wisata kuliner ditawarkan dengan nama unik dan rasa yang tak kalah unik dari namanya yang kini mulai bertebaran di titik ­keramaian Kota Sorong. Jika anda berkunjung ke daerah Tembok, Kampung Baru mampirlah di salah satu Warung bernama Arbonex yang terletak tepat di samping salah satu ruas jalan Yos Sudardo dekat SMK Negeri 2 Kota Sorong.
Di Warung Arbonex yang jadi menu andalannya adalah Perang Seafood. Ada Perang Seafood ?,eittsss… Perang Seafood bukan berarti ada ­peperangan antar kepiting, kerang, udang dan cumi. Tapi, Perang Seafood adalah mix (campuran) dari kepiting, kerang, udang dan cumi menjadi satu dan dihidangkan dalam empat saos berbeda yang tentunya rasanya sangat menggugah selera. Apalagi disantap sambil mendengar suara riuh angin dan ombak.

Perang Seafood Saos Padang.


Menu Perang Seafood ini disukai oleh segala macama kalangan. Tak heran, ketika mulai dibuka pukul 18.00 WIT, Warung Arbonex sudah didatangi para pengunjung. Menurut ownernya, Hendi ­Pramana, Perang Seafood disukai kalangan ­millennial, keluarga dan masyarakat lokal lainnya.
Tentang khas kulinernya, priaberusia 31 tahun itu mengungkapkan, Warung Arbonex ia bangun sudah hampir 7 tahun lamanya. Namun, untuk menu Perang Seafood sendiri baru dua tahun disajikan di Warung Arbonex dan kini jadi menu andalan di Warung Arbonex. Perang Seafood berisikan empat jenis makanan laut yakni, kepiting, kerang, udang, cumi serta sebagai ­pemanis adalah jagung rebus.
Dalam sehari, Hendi bisa menghabiskan kepiting 10 Kg, kerang 20 hingga 25 Kg, sedangkan cumi dan udang masing-masing 5 Kg. Bahan dasar Perang Seafood ini semuanya merupakan bahan lokal yang dibeli langsung dari masyarakat lokal di area Sorong seperti Kepiting Bakau, Kerang Dara, Udang Banana dan Cumi.
Agar tidak penasaran, Hendi pun bersedia menuturkan resepnya. Yakni pertama-tama, kepiting dan kerang direbus terlebih dahulu sedangkan udang dan cumi digoreng dengan tepung. Selanjutnya bila pelanggan memesan Perang Seafood Saos Padang, maka pertama-tama tumis bawang bombay, cabe, sereh dan beberapa rempah lainnya sampai harum.
Kemudian masukkan saos Padang yang sudah dimasak lebih dahulu, lalu ditambahkan air sekucupnya. Selanjutnya, masukan rebusan kepiting dan kerang serta beberapa bumbu perasa lainnya tunggu hingga matang.
“Perang Seafood ini terinspirasi dari pelanggan, dulu kami hanya masak kerang sendiri, kepiting sendiri. Namun, biasanya pelanggan minta untuk digabung saja,”tuturnya kepada Radar Sorong
Empat varian rasa untuk Seafood Perang ini, yakni Saos Padang, Lada Hitam, Saos Singapure dan Saos Asam Manis. Yang banyak diminati pelanggan adalah Perang Seafood Saos Padang, dimana rasanya asin pedas dan gurih serta sangat pas di lidah. Pokoke rasanya yummy… sehingga pelanggan pun memilih Perang Seafood Saos Padang ini sebagai ­primadonanya.
“Untuk harganya, paket hemat Rp 100.000 untuk dua orang, sedangkan paket sedang untuk empat orang harganya Rp 150.000 dan paket jumbo untuk enam orang Rp 250.000 dan dapat bonus cah kangkung 1 porsi,”­ungkapnya.
Kedepannya ia berniat untuk menerbitkan produk makanan baru yakni fresh mart, dimana mereka menyediakan bahan baku dari ­seafoodnya yang sudah direbus. Sehingga ketika tamu datang membeli, tinggal dibawa dan dimasak di rumah.
Selain makanan ala seafood, Warung Arbonex juga menyediakan ayam, bebek, dana tuna, ikan bakar, nasi goreng, mie goreng serta menu makanan lainnya yang tentunya tidak kalah lezat dari Perang Seafood.
“Kami juga terkenal dengan ayam yang katanya pelanggan enak, pelanggan kami dari daerah kilo juga datang ke sini hanya untuk beli ayam,”pungkasnya.(Juhra Nasir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed