oleh

Penyeludupan Landak Irian Digagalkan

-Metro-52 views

SORONG-Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Sorong bersama Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) berhasil mengagalkan penyeludupan puluhan satwa liar dan satwa yang tidak disertai dokumen, pada Senin (13/9) sekitar pukul 03.00 WIT dini hari dari KM Gunung Dempo tujuan Makassar hingga Tanjung Priok.

Kepala Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Sorong, drh. I Wayan Kartanegara, M.Pt dalam rilisnya menjelaskan, pengagalan yang dilakukan, berdasarkan hasil kegiatan patroli rutin yang dilaksanakan oleh Stasiun Karantina Pertanian bersama dengan BBKSDA setiap kali kapal masuk ke Pelabuhan Sorong.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Saat patroli, petugas melihat gelagat yang mencurigakan dari TKBM, dan langsung mencegat TKBM yang hendak membawa tas dan keranjang ke atas kapal,”jelasnya, kemarin.

Puluhan satwa yang berhasil digagalkan, diantaranya 1 ekor Landak Irian (Zaglossus bruijnii), 2 ekor Kompelon Ladi (Dactylopsila Trivirgata), 3 ekor Burung Merpati Hutan ( Ducula SP), 16 Burung Mino Muka Kuning (Mino Dumontii) dan 34 ekor burung Walik (Ptilinopus SP), sehingga total 56 satwa.

“Untuk yang satwa jenis burung ditahan karena tidak disertai dokumen SATSDN dari BBKSDA dan tidak melapor ke Stasius Karantina Pertanian. Karena tidak semua satwa liar dilindungi, ada yang masih bisa dilalulintaskan asal memiliki dokumen SATSDN,”terangnya.

Sementara itu, tambah Kepala Karantina Pertanian Sorong, khususnya 1 ekor Landak Irian memang sama sekali tidak boleh dilalulintaskan karena Landak Irian masuk dalam satwa yang dilindungi. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed