oleh

Penjaga Perairan, Tak Mudah jadi Perwira TNI AL

-Metro-114 views

89 Taruna latihan praktik Kartika Jala Krida di Perairan Waisai

SORONG – Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi kekayaan yang luar biasa, maka membutuhkan Armada dengan pengawak yang kuat dan profesional untuk menjaganya. Demikian diungkapkan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, Sabtu (4/9).

PMB OPBJJ-UT Sorong

Pernyaataan tersebut diungkapkan Pangkoarmada III saat tatap muka dengan 89 Taruna peserta latihan praktik Kartika Jala Krida Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-68 di KRI Bima Suci perairan Waisai, Raja Ampat.

 Satgas Latek Kartika Jala Krida Taruna AAL di Waisai merupakan tujuan persinggahan etape ke-4 dari 13 etape pelayaran yang telah direncanakan.

Pangkoarmada III turut memotivasi Taruna agar belajar dengan penuh kesungguhan, semangat, ulet dan pantang menyerah, agar nantinya dapat menjadi Perwira TNI Angkatan Laut yang handal, profesional, dan dicintai rakyat. “Kalian harus sadar bahwa tidak mudah menjadi seorang Perwira TNI Angkatan Laut, sebagai garda terdepan penjaga perairan yurisdiksi nasional Indonesia,”jelasnya, kemarin.

Menurut Pangkoarmada III, latihan praktik Kartika Jala Krida 2021 ini merupakan latihan pelayaran Taruna AAL tingkat III angkatan ke-68. Bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kompetensi dasar profesi Matra Laut, sesuai pelajaran yang telah diterima sekaligus  untuk membangkitkan jiwa patriotisme dan militansi para Taruna sebagai modal dasar menjadi prajurit bahari yang profesional, tangguh dan pantang menyerah.

“Saya berharap dapat menambah wawasan Taruna tentang budaya, karakter maupun kearifan lokal setiap wilayah yang kalian disinggahi sebagai bekal dalam mendukung pelaksanaan tugas di masa yang akan datang, serta dapat menjadi sarana mensosialisasikan TNI Angkatan Laut dan Akademi Angkatan Laut khususnya kepada masyarakat dan generasi muda di setiap daerah yang disinggahi,” pungkasnya..    

Acara tatap muka Pangkoarmada III dengan Taruna AAL ini juga hadir Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Asintel Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, Asops Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Endra Hartono, S.H., dan Wadan Lantamal XIV Sorong Kolonel Laut (P) Yulius Tamoni, dan Komandan Satgas Kartika Jala Krida Letkol Laut (P) Waluyo, S.H.,M.Tr.Hanla.(**/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed