oleh

Penggunaan Bahasa Moi belum Maksimal

-Metro-542 views

AIMAS– Penggunaan Bahasa Moi di lingkup jajaran Pemerintah Kabupaten Sorong diakui Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru,S.H.,M.Si, masih kurang maksimal. Meski demikian, ia tetap mengaharapkan adanya upaya penggunaan Bahasa Moi di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Sorong. 

“Saya akui, memang penerapan bahasa Moi di lingkungan ASN masih kurang maksimal,” terangnya kepada wartawan di Kantor Bupati Sorong, Selasa (15/10). 

Menurutnya, kebijakan yang diambil untuk menggunakan bahasa Moi di kalangan ASN merupakan salah satu upaya jangka panjang yang diharapkan tidak hanya sebatas ASN tetapi juga, pemuda Papua yang dapat menguasai bahasa Moi, baik Moi Kelin, Klabra dan sebagainya. “Saya harap, nanti generasi kedepan khususnya putra putri Papua bisa menguasai bahasa Moi sepenuhnya,” jelasnya. 

Penerapan bahasa Moi diharapkan dapat mengubah perilaku, sehingga menjadi solusi untuk tetap melestarikan budaya, dimana bahasa Moi merupakan salah satu budaya yang perlu dilestarikan di Kabupaten Sorong. 

Adapun kebijakan Bupati Sorong terhadap budaya penggunaan bahasa Moi di lingkungan Pemda Kabupaten Sorong yakni, dilakukan setiap hari Kamis dimana sedikitnya ASN dapat mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Moi. Hal tersebut didukung oleh penerbitan buku saku bahasa Moi jilid I dan II yang telah dibagikan di kalangan ASN dan juga disimpan di perpustakaan Kabupaten Sorong. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed