oleh

Pengganggu Aliran Listrik Dibersihkan

-Metro-335 views

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pasokan Listrik Aman

SORONG– Untuk meminimalisasi tidak adanya gangguan menyongsong hari perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, PT PLN UP3 Sorong melakukan gelar pasukan, pengecekan peralatan dan grebeg penyulang serta pemotongan pohon dibeberapa titik yang berpotensi menimpa tiang listrik.

Pemotongan pohon ini berlangsung di 24 titik di wilayah Kabupaten Sorong dan Kota Sorong, salah satunya sepanjang jalan Saoka dan Tanjung Batu. Menurut Manager PT. PLN UP3 Sorong, Alberth Safaria, sebelum mengadakan grebeg penyulang, PLN UP3 Sorong terlebih dahulu melakukan gelar pasukan yang merupakan kegiatan rutin dan berkala untuk melihat kesiapsiagaan para petugas PLN UP3 Sorong.

“Kami lakukan kegiatan ini, karena beberapa Minggu lagi akan memasuki hari besar keagamaan dan akhir tahun 2019, sehingga kami tingkatkan layanan untuk masyarakat, khususnya pasokan tenaga listrik. Sehingga gangguan semakin minim, bahkan tidak ada gangguan, namun apabila terjadi gangguan maka petugas sudah siap dalam merespon gangguan tersebut,”jelasnya kepada Radar Sorong, Senin (2/12).

Selain dari kesiapan personel dan peralatan yang menjadi perhatian, pihaknya juga menyiapkan SOP instruksi kerja dalam menghadapi hari besar keagamaan dan menjelang tahun baru 2020. “Sistem kami saat ini dalam kondisi yang cukup. Apabila terjadi putus pada energi listrik secara tiba-tiba, maka sudah disiagakan petugas untuk merespon hal tersebut,”ungkapnya.

Selain itu, dalam kegiatan grebeg penyulang terhadap 5 sempurna yakni sempurna inspeksi, sempurna ROW yang meliputi pemasangan westpex dan takep isolator, perabasan dan penebangan pohon serta pembersihan sampah jaringan, kemudian sempurna konstruksi seperti perbaikan andongan kendor, tiang miring, perbaikan travers miring.

“Ada juga sempurna material seperti penggantian isolator, perbaikan kondustor rantas dan sempurna proteksi yang meliputi pemasangan FCO jaring, penggantian rele proteksi rusak dan chech dan resetting rele proteksi,”ungkapnya seraya menambahkan, pohon yang ditebang oleh petugas PLN UP3 Sorong, sebelumnya sudah dipantau terlebih dahulu untuk memastikan bahwa pohon tersebut layak untuk ditebang karena ditakutkan akan berpengaruh pada gangguan energi listrik. 

Menanyakan pasokan tenaga listrik jelang Natal dan tahun baru 2020, Alberth mengatakan, pasokan listrik PLN UP3 Sorong semakin kuat karena sudah rampungnya pembangkit listrik yang dibangun di Kabupaten Sorong dengan kekuatan 5 X 10 Megawatt.

”Memang belum secara resmi, namun sudah kami operasikan karena sistem tersebut kami butuhkan dan saat ini sudah dioperasikan 1 unit, sehingga kemampuan pasokan sudah diang ka 52 MW, sementara untuk beban listrik di Sorong sekitar 47 MW, otomatis kami memiliki cadangan sekitar 6 MW,”pungkasnya.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed