oleh

Pengendara Diingatkan

-Ekonomi-66 views

Cari Aman saat Berkendara

SORONG – Sepeda motor merupakan kendaraan roda dua yang sangat praktis dan disenangi oleh banyak pengendara di Indonesia ini terbukti masih banyaknya sepeda motor yang kita lihat di jalan raya, dan pertumbuhan sepeda motor pun kian meningkat setiap tahunnya, begitupun di daerah Papua dan Papua Barat.
Hal tersebut dikatakan Safety Riding Instructor Astra Motor Papua dan Papua Barat, Irfandi Achmad kepada Radar Sorong, Sabtu (20/3).
Lanjutnya, Namun bukan berarti sepeda motor bisa digunakan tampa aturan, karena ada aturan lalulintas yang mengatur penggunaan sepeda motor, misalnya dalam penggunaan helm dan berboncengan.

”Jika kita lihat di jalan raya masih banyak juga pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang sudah di tetapkan dalam undang-undang kepolisian. Padahal hal tersebut bisa membahayakan pengedara itu sendiri. Contohnya berkendara tanpa menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang. Pihak kepolisian bahkan mengklaim bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya banyak disebabkan oleh pengendara sepeda motor,” jelasnya.
Oleh karena itu, dia menambahkan bahwa Team Safety Riding Honda Papua kembali memberikan Tips #Cari_aman sebelum berkendara sepeda motor tentang bagaimana berboncengan yang aman dan nyaman agar dalam perjalanan kita selamat sampai tujuan.
”Dalam berkendara kita tidak akan pernah tahu kapan dan dimana akan terjadi kecelakaan maka gunakanlah perlengkapan berkendara yang aman, mulai dari kepala hingga kaki yaitu helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. Perlengakapan ini wajib digunakan oleh pengendara dan pembonceng karena resiko cedera fatal ketika kecelakaan dapat dikurangi dengan penggunaan perlengkapan berkendara tersebut,” jelasnya.
Kemudian dikatakannya bahwa posisi duduk pembonceng disarankan mengikuti pengendara artinya tidak duduk miring, agar keseimbangan pengendara saat melakukan maneuver berbelok maupun menikung tetap stabil.

”Pembonceng wajib berpegangan pada pengendara. Lutut pembonceng disarankan menempel ringan di pinggul pengendara, hal ini dilakukan agar ketika pengendara melewati jalan sempit atau diantara mobil, lutut pembonceng tetap aman dan tidak terbentur,” katanya lagi.

”Dengan menjalankan tips berkendara #Cari_aman saat berkendara bisa membantu memahami betul bagaimana berkendara yang aman, karena kita sebagai manusia biasa tidak pernah tahu kapan musibah kecelakaan terjadi pada diri kita, jangan sampai penyesalan yang datang akibta ulah sendiri,” pungkasnya.
Salah satu warga yang berboncengan, Ayu mengatakan bahwa helm itu wajib digunakan dalam berkendara mau pun ketika diboncengi. ”Karena kita tidak akan pernah tahu musibah itu datang, meski kita sudah hati-hati,” ujarnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed