oleh

Pengawasan Pemutakhiran Data Disosialisasikan

KAIMANA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kaimana, Sabtu (8/8) di Hotel Grand Papua Kaimana, menggelar Sosialisasi pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana tahun 2020.
Sosialisasi khusus untuk ketua, anggota, staf teknis dan Sekretaris Panwas Distrik ­serta Panwas Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kaimana dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE yang ditandai dengan penabuhan tifa sebanyak sembilan kali, sesuai tanggal pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.
Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana menekankan pentingnya disiplin dalam mengikuti kegiatan maupun dalam melakukan pengawasan di setiap ­tahapan Pemilu.
“Disiplin dalam mengikuti kegiatan seperti sosialisasi hari ini, menunjukkan kesiapan dalam menghadapi Pilkada mendatang. Karena dalam melakukan pengawasan tiap tahapan Pilkada ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, disiplin menjadi sangat penting, sehingga pengawasan yang dilakukan dapat sesuai dengan tahapan dan aturan yang telah ditetapkan,” terang Karel.
Dikatakan Karel, pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan jantungnya Pemilu. Sehingga pada proses tahapan yang sementara berjalan, Bawaslu Kaimana berhak memberikan saran perbaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaimana, sesuai dengan hasil pengawasan yang dilakukan untuk memperoleh data yang valid.
“Laporan hasil pengawasan, baik dari Panwas Distrik maupun dari Bawaslu Kabupaten, menjadi acuan bagi Bawaslu untuk menyampaikan saran perbaikan kepada KPU. ­Hasil dari tahapan ini, dapat digunakan oleh KPU untuk menentukan logistik yang akan digunakan dan perlu tidaknya penambahan atau pengurangan Tempat Pemungutan ­Suara (TPS),” tuturnya.
Sementara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Kaimana, Koordinasi Divisi Hukum Penindakan dan ­Penyelesaian Sengketa, Siti Nurliah Indah Purwanti, SH, ketika menyam­paikan materi menyampaikan terima kasih kepada Panwas Distrik dan jajarannya yang telah melakukan penga­wasan pada tahapan pencoklitan.
“Jika Panwas Distrik maupun Panwas Desa/Kelurahan menemukan hambatan maupun kendala di lapangan, diharapkan dapat berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Kaimana. Karena dengan koordinasi yang baik, semua kendala atau persoalan yang dihadapi bisa ditemukan jalan keluarnya,” harapnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed