oleh

Penerimaan CPNS Berdasarkan KTP Wilayah

AIMAS – Jelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang direncanakan pada Oktober 2019, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sorong, Hermanus Rumwaropen S.H,.MH mengingatkan, pendaftar untuk wilayah Kabupaten Sorong harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Sorong. “Tidak hanya Kabupaten Sorong, daerah lain juga menerapkan hal yang sama,” terangnya kepada Media di Halaman Upacara Kantor Bupati Sorong, Kamis (22/8). 

  Penerimaan CPNS nantinya dibuka untuk beberapa formasi yang akan dipilih oleh para pendaftar. Termasuk tenaga honorer yang nantinya juga akan ikut menjalani prosedur penerimaan CPNS, salah satunya Sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara yang juga diterapkan di wilayah Kabupaten Sorong. Hal tersebut, dilakukan karena pemerintah tidak lagi menggunakan system pengangkatan Kategori I maupun II. “Semuanya ikut tes secara umum, tidak ada lagi pengangkatan Kategori I, Kategori II,” ucapnya. 

  Untuk itu, ia menghimbau agar para pendaftar nantinya lebih awal dalam mempersiapkan diri untuk ikut dalam penerimaan CPNS. Karena tidak ada lagi spesifikasi khusus bagi pendaftar, untuk itu, kemampuan individual sangat menentukan pendaftar lulus atau tidak. 

  Hal tersebut dianggap penting, karena kedepannya penempatan jabatan pada PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan kompetensi atau sistem merit. Untuk itu, pentingnya kompetensi diri dari calon pendaftar CPNS juga nantinya. “Pegawai muda nanti kan, kedepan bisa jadi seorang pemimpin juga,” ucapnya. 

  Oleh sebab itu, Hermanus juga berpesan agar seluruh ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Sorong dapat mempersiapkan diri dengan etos kerja yang baik mulai dari sekarang. Karena, penerapan system merit memberikan dampak yang baik, termasuk untuk karir kedepannya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed