oleh

Pendapatan Gojek Turun 50 Persen

-Metro-90 views

SORONG-Pendapatan mitra pengemudi ojek (gojek) dalam beberapa hari di bulan Ramadan 1442 hijriah tahun 2021 mengalami penurunan drastis hingga mencapai 50 persen dari pendapatan di hari biasanya. Turunnya pendapatan tersebut, juga berdampak pada kebutuhan sehari-hari pengemudi.

Salah satu mitra pengemudi Gojek, Ari menjelaska,n normalnya dalam sehari sebelumn bulan Ramadan, ia bisa mendapatkan 20 orderan dalam sehari dengan keuntungan bersih mencapai Rp 200 ribu, namun memasuki bulan suci Ramadan ia hanya mendapatkan 10 atau bahkan kurang dari 10 orderan denggan keuntungan bersih Rp 100 ribu dalam sehari.

“Sangat menurun sekali, saya juga tidak tahu kenapa. Rekan-rekan sesama gojek juga kadang mengeluh karena 1 hari itu hanya bisa dapat 4 hingga 5 oderan. Itupun kami biasanya dapat orderan hanya di makan siang atau menjelang berbuka puasa,”jelasnya kepada Radar Sorong, Jumat (16/4).

Selain pendapatan yang menurun, diakui Ari sistem gojek pun sedang bermasalah (error) sehingga membuatnya kesulitan dalam menerima orderan maupun membalas pesan konsumen.”Biasanya, sistem yang bermasalah ini berlangsung selama 1 hari penuh, kami juga tidak tahu kenapa bisa bermasalah,”terangnya.

Berbeda dengan bulan suci Ramadhn, diakui Ari di masa pandemi Covid-19, pendapatannya memang mengalami penurunan namun tidak signifikan seperti saat ini. Di masa pandemi, sambung Ari ia justru menambah waktu kerjanya.

“Biasanya saya kalau bekerja itu keluar pukul 07.00 WIT, pulang ke rumah pukul 17.00 WIT, tapi pas pandemi Covid-19 kemarin saya pulang hingga pukul 21.00 WIT agar bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Karena kalau tidak begitu, bagaimana bisa membayar kontrakan dan segala macamnya,”terangnya.

Meskipun sudah menjadi mitra pengemudi gojek dalam waktu lama, Ari mengungkapkan bahwa ia belum pernah mendapatkan poin ataupun intensif dari gojek. Pendapatan yang ia dapatkan murni dari para konsumen yang memesan makanan.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed