oleh

Pendamping Desa yang Sering Mangkir akan Diganti

-Sorong Raya-1.167 views

AIMAS – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Kabupaten Sorong, Maklon Wally, S.Sos.,M.PA mengakui ada beberapa Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) yang tidak melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendamping. “Tidak semua yah, tapi ada beberapa oknum pendamping yang memang tidak melaksanakan tugasnya,” ujarnya kepada Radar Sorong, Selasa (8/1) di ruang kerjanya. 

  Menurutnya, para pendamping sangat mempengaruhi pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh aparat kampung. Untuk itu, pendamping harus melaksanakan tanggung jawabnya, agar pemerintahan kampung dapat berjalan dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga harapan pemerintah pusat maupun daerah dapat terealisasi dengan baik. 

  Pendamping sendiri dipilih langsung dari pusat melalui pendaftaran online yang dilakukan. Meski demikian, kehadirannya di setiap daerah baik di tingat desa maupun distrik di wilayah Kabupaten Sorong menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sorong untuk mengingatkan tanggung jawab para pendamping. 

  Pihaknya tidak segan-segan, apabila ada pendamping yang sering lalai dari tugasnya atau sering tidak datang (mangkir) dan tidak berada di kampung untuk mendampingi pengelolaan kampung, akan dilakukan pelaporan untuk segera diganti. Karena anggaran yang diterima oleh setiap pendamping dari pusat perlu dipertanggung jawabkan dengan kinerja di lapangan.“Jika ada oknum pendamping tidak melaksanakan tugasnya, maka tidak segan-segan akan dilaporkan untuk diganti saja,”tegasnya.(nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed