oleh

Pendaftaran CPNS 2019 Tunggu Hasil CPNS 2018

-Berita Utama-1.769 views

MANOKWARI – Provinsi Papua Barat belum dipanggil Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk membicarakan formasi CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2019. Padahal menurut Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Papua Barat Drs Yustus Meidodga, provinsi lain telah dipanggil Kemenpan RB membicarakan proses dan tahapan seleksi CPNS 2019.

Yustus menduga belum dipanggilnya Pemprov Papua Barat membicarakan formasi CPNS 2019 terkait dengan belum diumumkannya hasil seleksi CPNS tahun 2018. Dia memperkirakan setelah hasil seleksi CPNS 2018 diumumkan, maka selanjutnya Kemenpan RB akan memanggil Pemprov Papua Barat. “Kita punya hasil seleksi CPNS tahun 2018 sampai hari ini belum dikeluarkan (diumumkan), sehingga itu mempengaruhi formasi tahun 2019. Kemungkinan besar, kalau itu (hasil seleksi CPNS 2018) diumumkan maka Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat akan dipanggil Kemenpan RB untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai proses formasi CPNS tahun 2019,” jelas Yustus kepada Radar Sorong di ruang kerjanya, Senin (21/10).

Dikatakan, terkait dengan pendaftaran CPNS 2019, Kemenpan RB telah mengundang provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, pekan lalu. Hanya Provinsi Papua dan Papua Barat yang tidak diundang.  Yustus memperkirakan, ada rencana pemerintah pusat terkait belum diundangnya Pemprov Papua Barat dan Papua dalam perekrutan CPNS 2019. “Kemungkinan ada hubungannya dengan hasil seleksi CPNS 2018  yang belum diumumkan. Ya, kita harap Panselnas segera keluarkan hasil tes CPNS 2018,” tuturnya.

Secara nasional,  CPNS 2019 diumumkan Oktober hingga awal November, pendaftaran pada awal November dan pengumuman hasil seleksi administrasi di bulan Desember 2019. Tahapan selanjutnya Januari 2020 masa sanggah dan pengumuman jadwal seleksi kemampuan dasar (SKD). Di bulan Februari memasuki tahapan pelaksanaan seleksi kemampuan dasar (SKD). Maret tes SKB (seleksi kemampuan bidang) dan di bulan April integrasi nilai SKD dan SKB serta penetapan NIP.

Kepala BKD berharap dalam waktu dekat Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) segera mengumumkan hasil tes CPNS 2018, sehingga tak mengganggu jadwal atau tahapan pendaftaran CPNS formasi 2019. Di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, tak ada permasalahan atau kendala lagi pada seleksi PNS 2018. Pemerintah kabupaten telah melakukan perbaikan pengisian pembagian kuota 80 persen bagi putra-putri asli Papua dan 20 persen non Papua. Kini tinggal menunggu Panselnas untuk mengumumkan  hasilnya. “Jadi, kita tunggu hasil dari Panselnas. Semua sudah selesai di tingkat daerah,” imbuhnya. Ditambahkannya, untuk formasi CPNS 2019, Pemprov Papua Barat dan  kabupaten/kota telah mengajukan formasi ke Kemenpan RB sejak tahun 2018 lalu. ‘’Jadi, kita menunggu saja,’’ ucapnya. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed