oleh

Pemprov PB Beri Bantuan Tunai Kepada 32.317 Pekerja Terdampak Covid-19

MANOKWARI-Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalokasikan anggaran Rp58,17 miliar untuk Program Tangan Kasih. Program ini menyasar pekerja sektor formal maupun informal yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Program Tangan Kasih ini diluncurkan secara resmi Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, Kamis (23/7/2020) di Aston Niu Hotel Manokwari, dihadiri Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda, Ketua DPR PB, LO BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Brigjen Pol (Purn) Fakhrudin serta pejabat lainnya. Gubernur menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan pekerja formal dan informal.

Total pekerja formal dan informal yang mendapatkan sebanyak 32.317 orang tersebar di 13 kabupaten/kota. Setiap pekerja akan mendapatkan bantuan Rp600.000. Bantuan diberikan untuk 3 bulan, April, Mei dan Juni, sehingga setiap orang akan mendapatkan dana Rp1,8 juta.

‘’Kepala penerima bantuan agar dapat memanfaatkan uang ini sebagai tambahan modal usaha agar nantinya menjadi berkah,’’ ujar Gubernur.

Gubernur mengakui, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah berdampak pada berbagai sendi kehidupan. Sektor ekonomi sangat terpukul, banyak perusahaan yang tutup, demikian pula pelaku usaha kecil mikro dan menengah seakan tak berdaya karena rendahnya daya beli masyarakat.

‘’Banyak pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja. Tak hanya pekerja di sektor non formal, namun sektor informal juga mengalami kesulitan akibat pembatasan sosial. Permasalahan tenaga kerja sangat kompleks karena menyangkut hajat hidup orang banyak,’’ tutur Gubernur.

Data pekerja formal di Provinsi Papua Barat sebanyak 63.648 orang yang bekerja pada 24.476 perusahaan. Gubernur mengatakan, Pemprov PB tidak bisa menjangkau semua tenaga formal tersebut dalam pemberian bantuan, sehingga pemerintah kabupaten/kota turut membantu.

Dikatakan, pekerja formal di Papua Barat yang terkena PHK di masa pandemi virus corona 6.534 orang, serta semua pekerja mandiri sektor informal terkena dampak ekonomi. Sehingga Pemprov PB melaksanakan Program Tangan Kasih memberikan bantuan untuk meringankan beban pekerja di sektor formal maupun informal.

Adapun rincian penerima Program Tangan Kasih, di Manokwari 4.332 orang, Kabupaten Sorong 3.950, Fakfak 2.034, Kota Sorong 2.834, Kaimana 3.784, Raja Ampat 3.454 orang, Teluk Bintuni 3.715, Teluk Wodanam 1.624, Manokwari Selatan 1.300, Sorong Selatan 1.437, Maybrat 1.301, Tambrauw 1.304 dan Kabupaten Pegunungan Arfak 1.248 orang.

Menyalurkan bantuan ini, Pemprov Papua Barat bekerjasama dengan 3 bank BUMN, BNI, Mandiri dan BRI.(lm

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed