oleh

Pemprov PB Alihkan Kas Daerah dari BNI ke Bank Papua

-Ekonomi-96 views

**Senator Ingatkan Bank Papua Tingkatkan Pelayanan
MANOKWARI– Pemerintah Provinsi Papua Barat mengalihkan kas daerah dari BNI (Bank Negara Indonesia) ke Bank Papua. Pengalihan penyimpanan anggaran ini telah mendapat persetujuan Menteri Keuangan RI, serta sebelumnya digelar rapat antara Pemprov Papua Barat dengan pihak BPD Bank Papua.
Sekda Provinsi Papua Barat, Drs. Nataniel Mandacan mengatakan, dengan pengalihan ini, maka rekening kas daerah di BNI akan ditutup. Selanjutnya dana transfer dari pusat akan disimpan di rekening kas daerah di Bank Papua, serta transaksi lainnya.
Sebelumnya, pembayaran gaji PNS di lingkungan Pemprov Papua Barat telah dialihkan dari BNI ke Bank Papua. Sejak Provinsi Papua Barat dimekarkan tahun 2003 lalu, kas daerah di BNI. Bank negara ini dinilai ikut berjasa membantu pemerintahan Provinsi PB pada awal pemekaran, sehingga gubernur kala itu, Bram Atururi membuka rekening kas daerah di BNI.
Anggota DPD RI Yance Samonsabra menilai pengalihan kas daerah dari BNI ke Bank Papua sebagai hal yang wajar. Semua pemerintah daerah di tanah Papua Barat memiliki saham di Bank Papua, sehingga sangat wajar pengelolaan keuangan daerah diserahkan ke Bank Papua.

‘’Kalau Bank Papua ingin berkembang, maka pemerintah daerah harus mempercayakan kepada Bank Papua untuk mengelola keuangan daerah,’’ ujarnya kepada wartawan di Bandara DEO Sorong, Rabu (10/3).
Namun dengan kepercayaan yang diberikan, Senator dari daerah pemilihan Provinsi Papua Barat ini mengingatkan Bank Papua untuk meningkatkan pelayanan perbankan. Pemerintah daerah menghendaki pelayanan keuangan berjalan lancar tanpa ada kendala.

‘’Pemerintah daerah sudah pindahkan kasnya ke Bank Papua, maka otomatis pelayanan harus diperbaiki,’’ tuturnya.
Yance Samonsabra mengakui, selama ini banyak pihak yang mengeluhkan pelayanan di Bank Papua. Dengan kepercayaan yang diberikan Pemprov Papua Barat, Bank Papua diminta memperbaiki atau meningkatkan pelayanan.

‘’Bahwa benar selama ini banyak masyarakat yang mengeluh (pelayanan Bank Papua), kita harap ada perbaikan dan para pemangku untuk menata tata kelola di Bank Papua itu sendiri. Dengan pembukan kas daerah Provinsi Papua Barat di Bank Papua akan perbaikan peningkatan pelayanan,’’ tandasnya.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed