oleh

Pemprov Gelar Festival Seni Budaya

-Manokwari-487 views

MANOKWARI-Pemerintah Provinsi Papua Barat melaksanakan Festival Seni dan Budaya dalam rangka peringatan HUT Provinsi Papua Barat. Festival dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, di lapangan Borasi Manokwari, dibuka Gubernur Drs Mandacan.

Festival menampilkan keragaman seni dan budaya dari 13 kabupaten/kota. Peserta dari kabupaten/kota tampil dengan seni dan budaya masing-masing memeriahkan festival.

Gubernur mengatakan, seni dan budaya merupakan jati diri setiap suku bangsa, sehingga warga berkewajiban untuk menjaga dan melestarikannya agar tidak mudah luntur tergerus perubahan zaman dan globalisasi. “Tidak dapat dipungkiri bahwa kekayaan seni dan budaya yang kita miliki menyimpan nilai-nilai positif sbagai filiter serta norma-norma sebagai penutan dalam kehidupan manusia sebagai mahluk sosial,” kataGubernur.

Pembangunan infratruktur beruapa sarana dan prasarana fisik lanjut Gubernur, memang menjadi prioritas pembangunan, namun bila tidak diimbangi dengan pembangunan kebudayaan guna pembentukan karakter dan moral, maka tidak akan menghasilkan SDM yang sehat moralnya cerda dan berahlak.

“Potensi dan keragaman budaya khsusunya kesenian yang tersebar luas di wilayah Papua Barat merupakan mutiara hitam yang sedang tidur terlelap menunggu sentuhan-sentuhan tangan kasih dari hati yang tulus. Kekayaan ini harus dilestarikan, dilindungi, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kesehteraan masyarakat pemiliknya,” jelasnya.

Gubernur mengatakan, Festival Seni dan Budaya  Papua Barat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan melestarikan seni dan budaya. Dia berharap momen penting ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menggali potensi seni dan budaya.

Pembukaan ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari juara bertahan kepada panitia. Gubernur menyempatkan diri meninjau setiap stand kabupaten/kota.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed