oleh

Pemkot Gelontorkan Rp1.5 M Untuk Beasiswa

-Metro-150 views

SORONG-Sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kota Sorong terhadap mahasiswa Moi, sehingga setiap tahun dengan menggunakan dana otsus Wali Kota Sorong Drs.Ec.Lambert Jitmau,MM memberikan bantuan beasiswa terhadap ratusan mahasiswa/mahasiswi Moi.

Dikatakannya bahwa Tahun 2021 merupakan tahun ke 5 Wali Kota konsisten menganggarkan dari dana Otsus untuk menunjang pendidikan putra/putri Moi dengan pemberian beasiswa tersebut.

Menurut Wali Kota, bantuan beasiswa harusnya diberikan pada tahun 2020 namun karena Pandemi covid-19 sehingga anggaran Otsus terlambat kemudian baru diberikan pada awal tahun 2021.

“Beasiswa ini bukan hal baru, sudah 4 tahun yang lalu. Dan beasiswa ini adalah anggaran Otsus tahun 2020, terlambat karena covid dan transfer. Ada 250 mahasiswa yang dapat. Tahun 2021 akan saya berikan naik dan berbeda antara semester awal, yang susun skripsi dan program S2,”jelasnya.

Wali Kota Sorong menuturkan, mahasiswa adalah aset, sehingga harus didukung dan harus selamatkan mereka. Bicara pembangunan, SDM harus ada dahulu. SDM itu andalan, untuk memberikan sumbangan sumbangsih membangun negeri ini. Saya harus hargai mereka. Moi tetap ada di tanah Moi,” tegasnya usai menyerahkan bantuan di Gedung Samu Siret Pemkot Sorong, Jumat (8/1).

Guna memudahkan para mahasiswa, Wali Kota mengatakan hanya membawa KTP dan KK. Tidak perlu syarat IPK. karena ekonomi berpengaruh pada nilai IPK. 

“Dana Otsus ini mereka punya. SDM harus disiapkan, kita punya kekayaan alam, kekayaan tanah, kalau tidak ada SDM maka tidak bisa kelolah,”ujarnya.

Wali Kota berharap dengan bantuan beasiswa tersebut untuk membantu mengurangi pembiayaan orang tua. Mungkin mereka mau beli buku, pakaian dan sepatu, jadi ini fasilitas penunjang. Walau mereka punya niat kuliah tapi kalau tidak didukung dengan dana, mereka bisa putus kuliah dan akhirnya tidak kuliah.

“Besar kecilnya tapi saya punya niat untuk bantu adik-adik. Kuliah saja. Kesuksesan anak-anak adalah kebahagiaan orang tua. Beasiswa saya tingkatkan di tahun 2021 yaitu Rp 15 juta per mahasiswa/mahasiswi agar mereka tambah semangat bahwa masih ada orang tua, masih ada kakak ini yang perhatian untuk adik-adik,”jelasnya.

Sementara itu Koordinator Mahasiswa MOI, Eda Doo mewakili ratusan mahasiswa Moi yang mendapat beasiswa menyampaikan terima kasih kepada wali kota Sorong karena telah peduli terhadap mahasiswa Moi.

“Ini bantuan ke 4. Keseluruhan 250 mahasiswa dan per orang Rp 6 juta. Jadi total Rp 1.5 miliar. Data yang masuk hampir 500 orang Sorong Raya kemudian kita sesuaikan dengan anggaran sehingga hanya khusus Kota Sorong baik yang kuliah di kota Sorong maupun yang di luar Kota Sorong,”pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed