oleh

Pemerintah Harus Berikan Solusi Atasi Banjir

-Metro-113 views

SORONG – Pemerintah Kota Sorong harus memberikan perhatian serius serta harus mampu memberikan solusi mengatasi masalah banjir yang menimbulkan kerugian besar bagi warga baik dari sisi korban jiwa, kerugian material, mentalitas dan aktivitas warga terganggu. Demikian ditegaskan Ketua LSM Forkots (Forum Komunikasi Masyarakat Kota Sorong), Otis Howay,SH kepada Radar Sorong, kemarin.

Menurutnya, masalah banjir bukan tanggung jawab masyarakat tapi tanggung jawab pemerintah daerah yang harus diwujudnyatakan diantaranya dalam bentuk bantuan-bantuan riil kepada warga terdampak banjir-longsor. Otis menilai Kota Sorong ini banyak permasalahan, diantaranya populasi penduduk yang padat dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) Kota Sorong yang tidak teratur. “Pembangunan fisik untuk menanggulangi masalah banjir seperti misalnya drainase dan sebagainya ini kan tidak berjalan dengan baik, sehingga kalau hujan ya banjir, kalau panas yang debu, sampah dimana-mana,” ucapnya.

Karena itu lanjut Otis Howay, Pemerintah Daerah sebagai pemilik wilayah harus mampu mencari solusi terhadap segala permasalahan di Kota Sorong. “Pemerintah harus petakan masalah-masalah yang penting dan mendesak untuk ditanggulangi. Jadi jangan acuh tak acuh, kalau masyarakat datang demo meminta keadilan dan sebagainya, pemerintah harus kasih solusi, jangan lari dari tanggungjawab, jangan bilang kesalahan rakyat, jangan sedikit-sedikit itu salahnya masyarakat, oo tidak boleh begitu. Walikota itu ibarat bapak dalam sebuah keluarga yang namanya Kota Sorong. Jadi kalau anak datang minta perhatian, ya bapak harus memberikan perhatian, bukan malah balik memarihin anaknya lagi. Bapak harus cari solusi sehingga masalah yang dihadapi anak-anak itu bisa diatasi, begitu,” tegasnya.

Mantan Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sorong ini menyatakan banjir yang terjadi bukan kesalahan di rakyat, karena masyarakat itu mendengar apa keputusan atau kebijakan strategis dari pemerintah. “Kalau pemerintah betul-betul sigap dan mampu bertindak tegas, pasti warganya akan ikut. Jadi menurut saya tidak ada alasan pemerintah kota menyalahkan rakyat terkait banjir yang belakangan ini terjadi,” tandasnya.

Ditanyai mengenai solusi mengatasi banjir, Otis mengatakan bahwa pihaknya mendengar pemerintah berencana bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk membuat saluran-saluran raksasa yang mampu membuang air dari Kota Sorong ini langsung ke laut, namun sampai hari ini belum terealisasi. “Pemerintah Kota Sorong harus mampu melakukan pendekatan ke Pemerintah Pusat agar rencana membuat saluran-saluran mengatasi banjir bisa terwujud,” pungkasnya. (ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed