oleh

Pemda Kabsor dan Kejari Teken MoU

-Metro-209 views

AIMAS – Bupati Sorong, Dr. John Kamuru, SH,M.Si bersama dengan Kepala Kejaksaan Negeri Sorong, I Ketut Agung SH.,MH menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU (Memorandum of Understanding) antara Pemerintah Kabupaten Sorong  dan Kejari Sorong tentang pendampingan dan pengawalan akuntabilitas dana penanggulangan dan pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sorong dan penandatanganan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya dibidang perdata dan tata usaha negara di Kediaman Bupati Sorong, Selasa (19/5). 

Dalam sambutannya, Bupati Sorong menyampaikan, sesuai dengan Instruksi Presiden RI yang ditindaklanjuti oleh Kejaksaan Agung RI, dimana dilakukan pergeseran dan refocusing anggaran di tengah wabah Covid-19. Hal tersebut justru perlu menjadi perhatian bersama untuk secara cepat dan tepat dalam pergeseran tersebut. 

Agar tidak terjadi permasalahan hukum ketikan realokasi dan refocusing dilakukan, Pemerintah Kabupaten Sorong bersama dengan Kejari Sorong melakukan penandatanganan nota kesepahaman guna menghindari masalah kemungkinan akan muncul dikemudian hari. “Kita harus sama-sama bekerja sama, berkomitmen untuk mengikuti aturan yang ada demi masyarakat di Kabupaten Sorong,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kejari Sorong menyampaikan, MoU yang dilakukan tersebut ada 2 hal yang berbeda, MoU pertama yakni pendampingan dan bantuan hukum, yang mana Kejari Sorong melalui Perundang-undangan yang ada, mendampingi Pemerintah Pusat dan daerah, jika mengalami permasalahan hukum dalam menjalani kebijakannya. Kejari Sorong akan siap menjadi Pengacara Negara, tanpa dan diminta pun akan tetap mendampingi bupati di persidangan. 

“Kami intruksikan, apabila ada permasalahan hukum, maka kami 24 jam akan membantu untuk menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, baik di luar peradilan maupun di dalam peradilan tanpa biaya sepeserpun,” terangnya. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed