Pemberian Vaksin Booster di Tangerang Sudah Diselenggarakan, Target Khusus Kalangan Lansia!

radarsorongnews.com – Pemberian vaksin booster di Tangerang telah diadakan oleh pemerintahan Kabupaten, pada Kamis, 13 Januari 2022 lalu. Hal ini pun bertujuan agar warga Tangerang bisa merasakan dosis vaksin booster yang lebih efektif menghadapi pandemi Covid-19. Adapun target sasaran vaksinasi booster, adalah kalangan lansia. Pemerintahan Kabupaten Tangerang sudah menyiapkan 105 ribu dosis untuk kalangan lansia diatas 60 tahun. 

Pemberian Vaksin Booster Kepada Masyarakat ( Sumber Foto : mediaindonesia.com )

Menanggapi hal tersebut, Hendra Tarmizi, selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, mengatakan bahwa pemberian vaksin booster Covid-19 dari Pfizer. Sudah ada lima kecamatan yang menyelesaikan proses vaksinasi dan mencapai rata-rata dari target yang telah ditentukan. Adapun lima kecamatan tersebut, adalah Pasarkemis, Balaraja, Tiga Raksa, Panongan, dan Cikupa. 

“Dikarenakan vaksin booster baru saja tiba di Kabupaten Tangerang malam hari, jadi pemberian vaksinasi baru bisa dilakukan untuk lima kecamatan terlebih dahulu. Untuk 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang akan menyusul pada Jumat besok,” kata Hendra, yang kami lansir dari sumber Metro.tempo, pada beberapa waktu lalu. 

Menurut pengakuan Hendra, Kabupaten Tangerang telah mendata ada 80 ribu dosis vaksin booster jenis Pfizer dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Dia menjelaskan, bahwa pemberian vaksin booster akan dilakukan di setiap kecamatan Kabupaten Tangerang, dengan target rata-rata 500 orang. “Pokoknya untuk setiap kecamatan itu target vaksin booster 100 orang,” ujarnya. Adapun penyelenggaraan vaksin booster yang hendak diselenggarakan pada Jumat besok, kata Hendra, target di setiap kecamatan selain 5 kecamatan yang telah melaksanakan program nya terlebih dahulu, diharuskan memiliki target kalangan lansia sebanyak 500 orang. 

“Target yang ditentukan oleh kami pun berdasarkan tenaga. Apakah sedang ada pelaksanaan program vaksin anak atau sebaliknya. Jika tidak ada program apapun, maka kemungkinan vaksinasi booster sehari bisa 500 orang di setiap kecamatan Tangerang,” ucap Hendra. 

Agar program vaksin booster ini bisa menyesuaikan dan memenuhi target tanpa adanya hambatan, Hendra mengimbau kepada seluruh warga yang berusia diatas 60 tahun keatas yang telah melaksanakan proses vaksinasi dosis pertama dan kedua dalam kurun waktu lewat dari 2 atau 6 bulan, segera menginformasikan ke RT atau puskesmas terdekat. 

Untuk saat ini, pemerintahan Kabupaten Tangerang, sedang mengadakan skala prioritas vaksin booster kepada 300 ribu orang yang telah lanjut usia dan diatas 60 tahun akan menjadi penerima dosis di tahap pertama. Tetapi, kata Hendra, dari target penerima vaksin booster 300 ribu orang tersebut, baru 105 ribu orang yang telah memenuhi syarat. “Mereka (kalangan lansia) yang sudah menyelesaikan vaksin dosis kedua lewat enam bulan,” katanya

 

3 Kegunaan Vaksin Booster

 

Pemberian vaksin booster di Tangerang merupakan salah satu program yang diadakan oleh pemerintahan Indonesia. Diketahui, bahwa kegunaan vaksin booster sangat penting untuk ketahanan tubuh manusia. Vaksin booster sangat efektif untuk mengembalikan imunitas tubuh maupun proteksi klinis yang telah menurun selepas vaksin dosis pertama dan kedua telah dilaksanakan. 

Maka dari itu, pemerintahan Indonesia sudah menyelenggarakan program vaksinasi booster secara berkala sejak 12 Januari 2022 lalu. Program ini dengan sengaja dilakukan sebagai bentuk upaya lanjutan dari vaksin dosis penuh pertama dan kedua di segala jenis vaksinnya. Sama hal nya dengan program vaksin lalu, vaksin booster akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis. 

Lantas, apa saja kegunaan vaksin booster untuk tubuh manusia yang sedang menghadapi kasus pandemi Covid-19 ini? Berikut, adalah ulasannya:

 

  1.     Ketika seseorang sudah menyelesaikan vaksinasi dosis penuh pertama dan kedua, maka kecenderungan penurunan jumlah antibodi dalam jangka 6 bulan akan terjadi. Sehingga, tubuh akan mengalami pertahanan yang kembali lemah sejak kemunculan berbagai varian virus Covid-19 terbaru, salah satunya, adalah Omicron.

 

  1.     Vaksin booster diberikan sebagai bentuk adaptasi masyarakat Indonesia berdampingan dengan virus Covid-19 dan pandemi selama beberapa tahun terakhir serta berupaya untuk meningkatkan kesehatan jangka panjang.

 

  1.     Memenuhi hak setiap masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perlindungan melalui program vaksinasi. Dengan begitu, individu maupun komunitas bisa mendapatkan perlindungan tubuh yang sempurna.

 

Hingga berita ini ditulis dan di rilis, pemberian vaksin booster di Tangerang telah serentak diselenggarakan di seluruh kecamatan Kabupaten atau Kota Tangerang.

Previous post Harga Minyak Goreng Sempat Meroket Tajam, Makassar Kesulitan
Next post Varian Omicron Sudah Menyerang Negara Indonesia, Gejalanya Beragam!