oleh

Pembakar Bendara dan Pembobol ATM Diringkus

Polisi Kejar Pelaku Pembakaran Kantor MRP dan DPR PB

MANOKWARI – Polda Papua Barat telah mengamankan 3 pelaku pengrusakan, pembakaran dan penjarahan pada kerusuhan 19 Agustus di Manokwari. Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Herry Nahak mengatakan, salah satu pelaku yang ditahan adalah tersangka pembakaran bendera Merah-Putih. Sedangkan dua orang yang ditahan diduga merupakan pelaku penjarahan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di halaman eks kantor gubernur di Jalan Siliwangi. “Ada ATM yang dirusak, diambil isinya lalu dibakar. Nah, itu kita sudah dapat dua tersangkanya dan sudah mengakui perbuatannya,” kata Kapolda pada jumpa pers di lobi Swiss-belhotel Manokwari, Jumat (23/8).

Tersangka pelaku pembakaran bendera Merah-Putih berinisial MI. Pelaku membakar bendera Merah-Putih di lapangan Borasi. Sedangkan pelaku penjarahan ATM berinisial MA dan DA. Kapolda mengatakan, pelaku yang ditangkap melakukan tindak pidana, bukan melakukan unjuk rasa. Pelaku penjarahan, pengrusakan dan pembakaran memanfaatkan situasi unjuk rasa. 

Kepolisian lanjut Kapolda, juga akan melakukan investigasi terhadap pelaku tindak pidana lainnya. Telah menjadi atensi Presiden RI, Menkopolhukam dan Kapolri, bahwa pelaku tindak pidana harus diproses hukum. Dimungkinkan pelaku  tindak pidana penjarahan, pembakaran dan pengrusakan akan bertambah. Selain penjarahan ATM dan pembakaran bendera Merah-Putih, juga ada pelaku pembakaran fasilitas pemerintah seperti kantor DPR Papua Barat, MRP dan fasilitas lainnya.

Kapolda mengatakan, jajarannya tak mungkin membiarkan pelaku pembakaran kantor DPR PB dan MRP. “Harus bisa dipisahkan unjuk rasa dengan tindak pidana pembakaran, pengrusakan dan penjarahan. Penyelidian dan penyidikan masih panjang,” ujarnya.

Polda Papua Barat sedang mendata kerugian akibat kerusuhan 19 Agustus. Gedung yang dibakar diantaranya kantor DPR PB, kantor MRP PB (eks kantor gubernur), kantor Satpol PP Kabupaten Manokwari, Bagian Perekonomian Setdakab Manokwari, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua Barat dan BPBD Kabupaten Manokwari, PapuaNet, Café Hawai Bakery, Showroom Daihatsu.

Kerugian lainnya, pembakaran 3 unit mobil dinas  yang diparkir di halaman kantor DPR PB, truk Satpol PP Kabupaten Manokwari, 6 bus yang dipakir di halaman eks kantor gubernur, 1 mobil yang dibakar di Jalan Jenderal Sudirman, pembakaran kios serta pengrusakan sejumlah kaca jendela rumah, kantor bank dan toko di sepanjang Jalan Merdeka, Jalan Siliwangi, Jalan Yos Sudarso, Jalan Jenderal Sudirman.  “Kita akan terus melakukan investigasi terhadap pelaku tindak pidana lainnya, pembakaran, penjarahan, pengrusakan. Tidak mungkin pelaku pembakaran kantor DPR, MRP kita biarkan begitu saja,” tegas Kapolda. (lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed