oleh

Pemadaman Listrik Disebabkan Gangguan Proteksi

-Ekonomi-75 views

SORONG – Pemadaman listrik yang tiba-tiba terjadi belakangan ini kerap dikeluhkan warga. Pasalnya waktu padam kadang terjadi di jam-jam “kecil” saat warga sedang tidur atau istirahat.

“Masalahnya lampu padam disaat kita ini ada tidur. Selain gerah, nyamuk juga baku sepak sana sini. Siapa yang tidak darting (darah tinggi,Red) kalau begitu,” kata salah satu warga, Hary.
Menaggapi hal tersebut, Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha mengatakan PLN telah melakukan investigasi dan setting koordinasi proteksi. Diakuinya bahwa Pemadaman listrik terjadi disebabkan karena ada gangguan di GH.Klalin, daerahnya di Jalan Kontainer.
“Padam itu karena ada gangguan, sehingga terjadi pemadaman. Nah, langkah yang kita tempuh yaitu kita langsung melakukan investigasi terkait dengan koordinasi proteksi. Dimana proteksi ini merupakan system pelayanan tenaga listrik. Kita mau tahu apakah ada settingan yang belum pas atau tidak. Siang ini sudah kita kerjakan,” katanya kepada Radar Sorong, Senin (2/22/2021).
Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha memastikan bahwa pasokan listrik Sorong Raya dalam kondisi cukup. Pemadaman listrik yang sering terjadi merupakan pemadaman terjadwal atau terencana dalam rangka pemeliharaan jaringan listrik. Sementara pemadaman yang terjadi tiba-tiba adalah penyebab eksternal, salah satunya cuaca buruk. Sehingga untuk menjamin ketersediaan pasokan listrik diakuinya memiliki cadangan listrik lebih dari beban puncak listrik untuk Sorong Raya.

“Pasokan listrik untuk Sorong Raya dalam kondisi cukup. Kita beban puncak itu rata-rata 44 MW, daya mampu kita yaitu 90 MW jadi cadangan kita hampir 2 kali lipat yach. Kalau kita pemadaman terencana karena sifatnya pemeliharaan jaringan, kita lakukan untuk perawatan jaringan, kita harus ganti part. Kemudian untuk pemadaman yang tidak terencana, sebenarnya ada gangguan yang lain tetapi skalanya kecil. Gangguan tidak terencana paling dimnan karena cuaca, hewan dan pohon tumbang yang mengenai jaringan,” jelasnya.
Menurutnya, PLN yaitu untuk menyuplai listrik, dan perlu diketahui lanjutnya bahwa air merupakan konduktor yang baik. Sementara kondisi hari ini dan beberapa hari yang lalu terjadi curah hujan yang cukup deras. Salah satu sering terjadi di Sorong adalah ketika terjadi hujan yang cukup lama akan terjadi banjir. Apalagi dari BMKG mengatakan di tahun ini adalah tahun La Nina, ramalannya sering curah hujan tinggi dan lain sebagainya. Nah, kami tiap hari memantau hal ­tersebut.

“Kalau sekarang ini, karena memang kondisi yach. Dimana kondisi sekarang masih sering hujan, jadi kita memang dalam kondisi sekarang ini kalau di PLN menyiapkan unit yang selalu standby dalam kondisi siaga, misalnya nanti kalau terjadi banjir. Kemudian kalau ada rumah warga yang terendam dan gardu listrik ada yang terendam maka harus dilakukan pemadaman, karena kalau tidak maka akan berbahaya. Biasanya kan warga ngeluh sudah banjir, lampu mati lagi. Padahal itu berbahaya,” katanya. Dia mengimbau kepada masyarakat agar memahami dan mendukung PLN ketika melakukan perabasan pada pohon-pohon yang mengganggu jaringan. Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang benda apapun ke jaringan kami karena itu akan menyebabkan pemadaman ­listrik.

“Kalau ada pohon yang menggangun jaringan bisa korelasikan ke PLN agar kita lakukan perapian dan pemangkasan,” ujarnya.
Menyinggung buntut aksi blockade jalan di depan PLN UP3 baru-baru ini, Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha mengatakan kondisi pelayanan PLN sudah normal kembali dan loket sudah dibuka untuk melayani pelanggan. Jadi pelanggan kalau mau datang ke PLN sudah bisa terlayani.

“Nggak ada kerugian karena pelayanan yang ditutup itu, kalau pelanggan ingin datang ke kantor. Tapi karena jalannya juga masih ditutup sehingga pelanggan tidak bisa ke kantor. Jadi kalau ada keluhan, kita juga bisa melayani sesuai prosedur kita melalui call center 123 atau kita bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile. Jadi pelanggan-pelanggan yang bisa mengajukan keluhan-keluhan disitu tetap bisa dilayani. Jadi tidak ada terganggu sih kalau soal pelayanan,” pungkasnya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed