oleh

Pelatihan Kuliner Berbahan Dasar Lokal

-Metro-261 views

SORONG-Pemerintah Kota Sorong melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Kota Sorong memberikan pelatihan terhadap 100 perempuan, orang asli Papua (OAP) dalam pengelolaan bahan dasar lokal seperti umbi-umbian untuk dijual guna mengasah produktivitas dan mengembangkan kreativitas perempuan OAP .

Bahan-bahannya yaitu pisang, keladi, dan ubi/singkong yang akan diolah menjadi keripik dan akan dijual atau di pasarkan.

Kabid Persamaan Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Sorong, Yakomina Isir menjelaskan bahwa Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pemberdayaan perempuan Papua untuk neningkatkan kapasitas penguatan Kesetaraan Gender..

Lanjutnya, pelatihan ini sudah diprogramkan oleh pusat supaya bahan-bahan lokal semua bisa kelola menjadi Aset untuk dikembangkan menjadi barang-barang yang bisa mendatangkan uang sebagai pendapatan asli daerah.

“Jadi kita membuat kuliner keripik pisang keladi dan singkong. Tujuannya supaya meningkatkan kesejahteraan yaitu dimulai dengan pelatihan seperti ini. Kita atur untuk menjadi kelompok-kelompok kerja.  Sekarang ini kan belum terlihat jadi kita latih dahulu sehingga muncul bakat mereka dan selanjutnya kita akan bina,” katanya, Rabu (13/1).

Sementara itu, Anggota MRP Papua Barat Pokja Perempuan Agnes Isir yang membuka pelatihan tersebut mengatakan dari MRP PB Pokja Perempuan memberikan apresiasi terhadap Wali Kota Sorong yang memberikan perhatian terhadap perempuan OAP. “Kegiatan ini sangat positif bagi mama-mama Papua. Kami minta perhatian lebih melalui program pemberdayaan terhadap mama-mama Papua. Selain itu, ada juga anak-anak mahasiswi dari Sanggar Maytemorai ini bagus karena mereka bisa membantu orang tua mereka,”ujarnya.(zia) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed