oleh

Pelaku Perompakan Teridentifikasi

SORONG – Pelaku perompakan kapal MS Papua 1 tujuan Sorong-Seget pada Kamis (26/11) sekitar pukul 04.30 WIT di perairan Selat Sele, telah terindentifikasi oleh pihak Polairud Polda Papua Barat. Para pelaku diduga berasal dari pulau-pulau terdekat dimana MS Papua 1 berlalu-lalang.

Wakapolda Papua Barat, Brigjen Pol Patrige R. Renwarin,SH,MSi membenarkan bahwa pelaku perompakan tersebut telah terindentifikasi namun pihaknya masih melakukan penyelidikan yang lebih mandalam guna mengetahui persis pelaku perompakan yang diduga berasal dari pulau-pulau terdekat. “Bila sudah kami ketahui maka akan kami lakukan upaya-upaya hukum dalam bentuk penangkapan. Saat ini kami sudah periksa tiga orang saksi,” jelas Wakapolda kepada wartawan usai mengikuti kegiatan HUT Polairud ke-70 di kantor Dit Polairud Polda Papua Barat, Selasa (1/12).

Menurutnya, motif perompakan berkaitan dengan masalah ekonomi. Wakapolda mengakui kejadian perampokan ini sudah terjadi dua kali di perairan Selat Sele. Karena itu, Wakapolda menyatakan patroli dan pengawasan perairan di Papua Barat khususnya Selat Sele akan diperketat. “Pasti akan ditingkatkan patrolinya, Polairud pun sudah melakukan pemetaan di wilayah tertentu termasuk perairan Selat Sele pun menjadi atensi untuk patroli,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya sudah menerima laporan kejadian awal terjadi perompakan, korban atau pihak perusahaan yang telah membuat pelaporan. Wakapolda berharap bilamana kejadian tersebut terjadi lagi maka diharapkan adanya laporan melalui Polsek maupun Polres terdekat dan akan ditindaklanjuti ke Polairud yang memiliki peralatan lebih lengkap.

Sebagaimana diketahui, kejadian perompakan tersebut mengakibatkan dua orang ABK lompat ke laut. Seorang berhasil selamat, sedangkan seorang lainnya bernama Parkum (40) ditemukan meninggal dunia. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed