oleh

Pegadaian akan Launching Program Rahn Tasjily Tanah

-Ekonomi-470 views

SORONG – Berkaca dari kesuksesan produk Rahn Tasjily Tanah yang sudah lebih dahulu dialkukan di Gorongtalo, membuat Deputi Bisnis Pegadaian Area Sorong, Maryono, S.Sos, M.BA memberanikan diri untuk launching produk baru ini di Sorong. Rahn Tasjily Tanah yang merupakan produk baru dari pegadaian syariah ini menggunakan sertifikat kepemilikan tanah sebagai jaminannya.

Rencananya Rahn Tasjily Tanah akan resmi launching dan disosialisasikan di Sorong pada Sabtu, 14 Desember mendatang. Dalam hal ini, pegadaian menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan asuransi Jamkrindo untuk turut mensukseskan programnya. BPN diajak sebagai pembicara dalam kegiatan sosialisasi nantinya.

Demi mendukung kerjasama ini, pegadaian sudah menandatangani MOU dengan BPN pusat pada bulan November 2019. Untuk mengimplementasikannya pegadaian menghubungakannya dengan BPN setempat, untuk sosialisasi pensertifikatan tanah.

“Jika ada warga yang ingin mendapatkan sertifikat, maka dengan adanya sertifikat ini kan bisa diberdayakan atau diagunkan untuk mendapatkan modal usaha di pegadaian,” kata Deputi Bisnis Pegadaian Area Sorong, Maryono, S.Sos, M.BA kepada Radar Sorong, Senin (9/12).

Warga yang bisa mengagunkan sertifikatnya menjadi modal usaha, hanya warga yang sudah memiliki usaha yang minimal sudah berdiri selama 6 bulan. Untuk total dana yang bisa didapatkan dengan mengagunkan sertifikat tanah dalam produk Rahn Tasjily Tanah maksimal sebesar Rp 200 juta.

“Produk Rahn Tasjily Tanah ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah pounya usaha. Nah, sedangkan yang baru mau memulai, kita ada namanya gadai. Kalau gadai, agunannya barang yang bergerak ya. Bisa berupa kendaraan, perhiasan, dan lain sebagainya,” ujarnya Maryono.

Di Sorong sendiri, Rahn Tasjily Tanah akan mulai diperkenalkan mulai dari Kabupaten. Dalam seminar nanti, yang akan diundang sebagai peserta adalah warga yang belum memiliki sertifikat tanah. Sehingga tim dari BPN juga ankan membantu  dalam proses pembuatan sertifikat mereka.

“Saya yakin sih produk ini akan saling menguntungkan untuk sesama mitra. Karena bagi masyarakat yang memang ingin mengembangkan usaha, saya rasa produk Rahn Tasjily Tanah ini sangat cocok karena akadnya syariah,” pungkasya. (cr-50)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed