oleh

Peduli Sesama, Berbagi Takjil Gratis

-Metro-220 views

AIMAS– Melaksanakan ibadah puasa Ramadan pada saat wabah virus Corona terasa cukup berat oleh sebagian orang. Namun, Dhewy Lia Ningsih yang merupakan penjual kue di jalan Nusa Indah, SP II Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, tidak segan untuk berbagi takjil gratis dari sebagian keuntungan hasil jualannya. 

“Takjil gratis memang tidak setiap hari saya lakukan, karena awalnya saya pakai uang saya pribadi, kalau habis jualan, ada keuntungan, sebagian keuntungan saya buatkan takjil gratis,” terangnya kepada Radar Sorong, Kamis (7/5).

Awalnya, Dhewy cukup prihatin dengan kondisi yang terjadi saat ini, dimana sebagian orang mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah virus Corona, terutama bagi umat Islam yang harus menjalankan ibadah puasa. 

Bermodalkan keuntungan dari jualan kue, Dhewy menyisakan Rp 300 ribu untuk dapat dibagikan dan bermanfaat untuk orang yang membutuhkan. Sehingga, ia memutuskan untuk membuat takjil gratis dengan beberapa menu. 

“Saya tanya ke suami, saya bisa buat apa dengan Rp 300 ribu, suami sarankan saya buatkan lauk pauk saja lalu bagikan gratis, jadi awalnya lauk pauk, takjil, ganti-ganti,” jelasnya. 

Menu yang ia buat setiap harinya berjumlah 50 paket, mulai dari es buah 50 bungkus, 50 paket kue yang terdiri dari 3 sampai 4 macam jenis kue dan beberapa menu dan sayuran lainnya yang dibagikan secara gratis di depan rumahnya. 

Pembagian takjil gratis juga tidak hanya ditujukan kepada orang-orang tertentu, siapapun yang membutuhkan ia dengan ikhlas memberi. “Tidak cuma yang muslim atau yang kurang mampu, yang non muslim, atau siapa saja yang lewat dan mau, silahkan,” ucapnya. 

Dhewy sendiri merasa tidak terbebani dengan pembagian takjil yang ia lakukan, karena menurutnya, sebagian dari hasil keuntungan berjualan ataupun gaji suami memang sudah disisihkan untuk kaum duafa. 

Niatnya untuk membantu orang lain, akhirnya mendapat respon baik dari beberapa pihak, sejak 3 hari terakhir, cukup banyak orang yang menghubungi Dhewy untuk memberikan bahan-bahan membuat kue. 

“Sudah ada beberapa yang akhirnya menghubungi saya untuk memberikan sumbangan bahan, seperti beras, cukup banyak,” ucapnya. 

Tidak hanya takjil gratis, Dhewy juga membagikan sayur gratis. Ia berharap dengan aksi yang dilakukannya tersebut dapat membawa manfaat kesebagian orang sekaligus membantu orang-orang yang membutuhkan. (nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed