oleh

Pdt. Jeane Lauching Buku Kumpulan 50 Khotbah

-Metro-56 views

SORONG– Memasuki usia ke 50 tahun, Pdt. Jeane Fonataba-Haurissa,S.Th.,M.Si melauching buku berupa kumpulan 50 khotbah yang bertemakan Berakar dan Bertumbuh dalam FirmanNya, Senin (31/5) di Gereja Ekklesia Klasaman.

Buku khotbah tersebut, merupakan hasil kumpulan khotbah-khotbah yang pernah Jeane khotbahkan pada beberapa tahun lalu. Mengetahui hal tersebut, Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt Andrikus Mofu, M.Th mengapresiasi inovasi dan kreativitas dari Pdt. Jeane selaku hamba Tuhan. Kehadiran buku kumpulan khotbah ini, menunjukkan bahwa Pdt. Jeane konsisten dalam melayani umat khususnya saat ibadah.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Artinya dengan menulis secara langsung khotbah ini, menunjukkan Pdt. Jeane seorang yang selalu mempersiapkan diri dan mempersiapkan khotbah dengan baik. Kedua, dengan dokumentasi berbagai materi khotbah yang disiapkan ini, akan sangat membantu para pelayan ketika membaca atau bisa saja menggunakan kembali untuk pelayanan ibadah,”jelasnya kepada awak media, kemarin. 

Pdt. Andrikus Mofu berharap agar para pelayan mencontohi hal ini, dimana khotbah yang sudah di khotbahkan kalau bisa didokumentasikan kembali atau bahkan bisa dicetak untuk memperkaya dan melengkapi pelayanan umat di gereja serta dapat memotivasi pendeta lainnya. Pdt. Andrikus berpesan agar  agar jangan berhenti menulis, kalau bisa dapat menulis hal baik selain khotbah. 

“Saya sungguh yakin Pdt Jeane dengan kemampuan dan kapasitas yang ada, bisa banyak menyumbangkan pikiran dan ide-ide untuk membantu dan memperkaya pelayanan kita,”ungkapnya.

Sementara itu, Pdt. Jeane mengungkapkan awal mula dibuatkan buku, ketika usianya menjelang 50 tahun. Ia berfikir, apa yang harus ia lakukan di usia ke-50 tahun agar dapat diingat orang sebagai karya.  Namun, karena menyimpan berbagai materi khotbahnya dengan baik, Jeane akhirnya ingin membuat khotbah tersebut dalam 1 buku yang tersusun rapi.

“Saya tercetus untuk kembali mengumpulkan bahan khotbah saya dan menulis dengan rapi  kemudikan dibukukan,”ungkapnya.

Tujuan penulisan buku tersebut, sambut Pdt. Jeane guna membantu  para penatua, syamas serta jemaat di gereja. Sementara itu, terkait pemilihan judul buku yakni Berakar dan Bertumbuh di dalam FirmanNya, Pdt. Jeane mengatakan pesan yang ingin disampaikan kepada umat Kristiani bahwa bila umat Kristiani hanya bertumbuh dalam firmanNya tetapi tidak berakar maka itu tidak masuk akal.

“Karena saya merasa bahwa semua umat Kristen termasuk saya, tidak hanya berada di atas. Dengan berakar, akan benar-benar menunjukkan kedalaman kita dalam memahami kebenaran Firman,”terangnya.

Buku kumpulan 50 khotbah ini, tambah Jeane, merupakan hasil kumpulan khotbahnya beberapa tahun lalu dan menjadi seri pertama yang diterbitkan. Sebenarnya, diakui Jeane tahun 2020 lalu buku tersebut pernah diterbitkan secara lokal (cetak biasa), tetapi di tahun 2021 ia sangat berterima kasih karena melalui Yongky Fonataba (DPR Provinsi) ia mendapatkan bantuan untuk menerbitkan buku khotbah secara resmi melalui penerbit BPK Gunung Mulia, di Jakarta.

“Saya mencetak 1.500 buku dan akan dibagikan ke klasis-klasis dan para jemaat. Khusus di Klasis Sorong, sebenarnya wajib bahwa di 45 jemaat semua majelis mendapatkan 1 buku. Sedangkan di Klasis lainnya, per klasis mendapatkan 1 buku,” bebernya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed