oleh

Pasukan BKO di Papua Barat Terus Bertambah

MANOKWARI-TNI dan Polri terus menambah personel BKO (bawah kendali operasi) di Papua Barat pasca kerusuhan. Satu SKK prajurit Kostrad telah berada di Manokwari. Sebelumnya sekitar 567 personel BKO Brimob dikirim ke Manokwari, serta 389 personel ke Sorong.

    Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Matias Krey mengatakan, Kamis (22/8) telah dikirim 100 personel BKO Brimob ke Fakfak ditambah 100 personel prajurit Kostrad. ‘’Kalau untuk personel BKO Brimob sekitar 1.000 personel telah berada di Papua Barat,’’ ujar Kabid Humas kepada Radar Sorong, kemarin. 

  Sementara personel BKO Artileri Medan (Armed) Kostrad di Manokwari ditempatkan di Kodim 1801/Manokwari, Kamis kemarin disambangi Kepala Staf Umum (Kasum) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Letjen TNI Joni Supriyanto.

   Kasum TNI mengatakan, para prajurit Kostrad ditugaskan ke Papua Barat untuk meredam permasalahan yang ada. ‘’Hari ini kita kedatangan teman-teman dari Kostrad bertujuan untuk membantu aparat keamanan di wilayah. Sehubungan dengan itu, Kodim diharapkan memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan situasi yang ada kepada satuan-satuan yang baru datang tersebut,’’ ujar Joni Supriyanto.

   Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto juga berharap agar permasalahan di Papua Barat, khususnya di Kota Manokwari cepat selesai. Keberadaan para prajurit TNI yang didatangkan dari luar Papua untuk membantu pengamanan wilayah sekaligus memberikan penjelasan dan menghimbau warga masyarakat, agar tidak mudah diadu domba oleh berita-berita provokatif. “Saya berharap kita mampu memberikan penjelasan kepada seluruh masyarakat Manokwari, agar tidak permasalahan tidak meluas, tidak mudah terprovokasi berita-berita yang tidak baik dampaknya dan merugikan kita semua,” harapnya.

   Kasum TNI menilai, kejadian di Manokwari telah ditangani dengan baik sehingga kerusuhan dapat dengan cepat diredam. Pemerintah bersama jajaran TNI dan Polri  melibatkan seluruh komponen masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, yang bersatu padu untuk melakukan pencegahan terhadap kemungkinan yang bakal terjadi.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed