oleh

Pasokan Listrik di Wilayah Sorong Mencukupi

-Metro-478 views

SORONG-Pasokan listrik di wilayah kabupaten dan kota se Provinsi Papua Barat sudah mencapai sekitar 99 persen, meskipun pasokan listrik tersebut tidak hanya dari PLN saja, terdapat dari pihak swasta. Ditargetkan pada tahun 2020 mencapai 100 persen

“Jadi diharapkan tahun 2020 sudah mencapai 100 persen melalui program Regional Maluku-Papua. Dibutuhkan peranan dari PLTS maupun swasta untuk mencapai 100 persen,” terang Senior Manager Niaga dan Layanan Pelanggan PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Widodo kepada wartawan saat mengisi acara Temu Pelanggan Pontesial di Swiss Belhotel Sorong, Senin (28/10).

Dalam kegiatan temu pelanggan yang merupakan kegiatan tahunan ini adalah bentuk kepedulian PLN untuk mendengarkan segala macam keluhan dan masukan dari pelanggan untuk kemudian ditindak lanjuti oleh pihak PLN wilayah  maupun PLN UP3 Sorong sebagai tuan rumah dalam kegiatan temu pelanggan tersebut.

“Jadi tadi ada keluhan dari masyarakat seputaran pasokan listrik yang memang kami harus mengikuti, minimal kami harus dapat mengikuti keinginan pelanggan atau bahkan lebih dari itu. Kalaupun belum terpenuhi saat ini, namun saya yakin ke depannya dengan kesungguhan yang dilakukan, semua pasti akan terpenuhi juga,”tuturnya.

Untuk wilayah Sorong sudah ada pembangkit yang saat ini sudah 50 MW yang dari perhitungan yang dilakukan sudah mencukupi kebutuhan listrik. Wilayah Sorong ini hanya memerlukan sekitar 47 megawatt. “Jadi karena pembangkit listrik kiami sudah 50 MW yang ditambah dengan assisting pihak swasta lagi sehingga dilakukan mix sehingga nanti operasionalnya paling efisien, kalau misalnya paket kita yang boros berarti kita matikan dan beli yang murah,” tuturnya seraya menambahkan semakin banyak pembangkit listrik maka keberlanjutan pasokan listrik akan lebih terjamin.

Sementara itu Manager PLN UP3 Sorong, Albert Safaria mengatakan, kegiatan temu pelanggan melibatkan semua pelanggan dan juga calon pelanggan yang berada di wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sorong serta Pemerintah Daerah selaku nara sumber.

 “Sesuai dengan tema PLN siap dalam mendukung investasi sehingga kami mengundang pelanggan yang wira usaha (potensial) dengan harapan ketika semua itu bisa kita wujudkan artinya akan memberikan efek secara ekonomi dari daerah itu sendiri,”tuturnya.

Terkait adanya keluhan pemadaman yang tidak beraturan, sambung Albert, hal itu di sebabkan karena keadaan operasional yang rutin dijalankan keseharian. Untuk menjawab kehandalan suatu distribusi tenaga listrik tidak hanya diperlukan suatu kegiatan operasi yang dijalankan, namun juga dibarengi dengan kegiatan infrastruktur yang berarti mewujudkan suatu perkembangan teknologi dari distribusi yang ada. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed