oleh

Pasmar 3 Panen 5 Ton Semangka Madrid

-Metro-42 views

SORONG-Panen raya buah semangka Madrid di lahan ketahanan pangan wilayah binaan Pasmar 3 yang berlokasi di SP1 Klamalu, Kabupaten Sorong Jumat (30/4) menghasilkan 5 ton buah semangka.

Panen raya buah semangka Madrid di pimpin langsung Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi didampingi Ketua Korcab Pasmar 3 Nyonya Elis Edi Juardi. Hasil panen raya tersebut dibagikan kepada prajurit Denma Pasmar 3 serta masyarakat sekitar Kesatrian Agoes Soebekti Mako Pasmar 3.

Panen raya buah semangka ini merupakan upaya Pasmar  3 dalam rangka mensukseskan dan mendukung  program ketahanan pangan nasional  di masa pandemi Covid-19. Dipilihnya buah semangka, karena perawatan tanaman yang mudah dan  membutuhkan waktu kurang lebih 70 hari mulai dari penanaman bibit sampai dengan panen.

” Hal yang mendukung tekstur dan jenis tanah diwilayah SP 1 Klamalu sangat cocok untuk budidaya tanaman buah semangka dan dekat dengan sumber air, sehingga mudah dalam proses pengairan,”jelas Komandan Pasmar 3 disela-sela kegiatan.

Perlu diketahui bahwa lahan ketahanan pangan buah semangka Pasmar 3 tersebut dikelola oleh salah seorang anggota Denma Pasmar 3 bekerja sama dengan salah satu warga SP 1 Klamalu, Sudarmono dengan menggarap tanah seluas 1 hektar dan ditanami dengan jenis Semangka Madrid. 

 Komandan Pasmar 3 menambahkan, panen raya buah semangka ini merupakan bukti nyata bahwa Pasmar 3 serius mengolah lahan yang tadinya lahan tidur dan dirawat secara baik,  maka  akan meraih hasil sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dibuktikan dengan panen pada lahan ketahanan pangan ini.

“Tidak hanya buah semangka, ada beberapa jenis tanaman pangan yang sudah di  budidayakan diantaranya, jagung, singkong, cabai dan beberapa jenis sayur-sayuran serta budidaya ikan air tawar,”paparnya.

Masa pandemi covid-19 yang belum berakhir membuat tanaman pangan menjadi sesuatu yang harus diupayakan dan dipertahankan demi mewujudkan swasembada pangan nasional.(juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed