oleh

Panwaslu Sosialisasi Pengawasan Pemilu

KAIMANA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Sabtu (4/7) di RM Belia melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kaimana 9 Desember 2020 mendatang.
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kaimana Karolus Kopong Sabon, SE, PPD Distrik Kaimana dan Panwaslu Tingkat Desa Se Distrik Kaimana.
Ketua Bawaslu Kaimana Karolus Kopong Sabon, SE, dalam sambutannya mengatakan saat ini telah memasuki masa lanjutanpengawasan tahapan Pilkada. Oleh karenanya sejak 12 Juni 2020 lalu, seluruh badan pengawasa Pemilu di Kaimana sudah mulai diaktifkan kembali.
“Sejak diaktifkan semua pengawas Pemilu, berdasarkan surat Bawaslu RI nomor 0351 disebutkan kita semua memiliki tugas tambahan. Jika dalam pengawasan ditemukan adanya, dugaan pelanggaran terkait dengan pelaksanaan tahapan yang saat ini dilakukan oleh kami dan teman-teman KPU. Serta dugaan pelanggaran protokol kesehatan, yang harus kita tindak lanjuti selaku pengawas Pemilu. jelas Ketua Bawaslu.
Dalam sambutannya juga Karel menjelaskan, terkait dengan protokol kesehatan bagi penyelenggara Pemilu, Pemda Kaimana telah menye­ rahkan APD. Karena standar pengawasan bagi pengawas Pemilu, sesuai standar kesehatan minimal harus menggunakan masker.
“Otomatis setiap laporan hasil pengawasan, ketika ada dokumentasi berdasarkan format form A pengawasan, kalau tidak menggunakan masker atau APD lainnya tidak diperbolehkan mengajukan laporan pengawasan.
Bagaimana kita mau mengawasi pelaksanaan tahapan, sementara kita sendiri tidak menggunakan APD.” tegasnya.
Saat ini menurut Karel, pengawasan yang sedang dilakukan yakni terkait dengan pembentukan Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih atau PPDP. Sehingga dirinya berharap baik PPD maupun Panwaslu Distrik saling memberikan informasi.
“Sehingga bisa memberikan informasi maupun saran-saran perbaikan terkait dengan perpaduan syarat. Untuk setiap tahapan agar selalu berkomunikasi, karena daftar pemilih selalu menjadi problem setiap Pemilu,” ujarnya.(fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed