oleh

Pantau Sejumlah Gereja, Kapolda Pastikan Keamanan Ibadah Natal dan Terapkan Protokol Kesehatan

MANOKWARI-Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing bersama Wakapolda Brigjen Pol. Patrige Renwarin memantau pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Manokwari, Kamis (24/12/2020) sore. Untuk memastikan pengamanan, kenyamanan serta penerapan protokol kesehatan pencegahaan Covid-19 selama ibadah berlangsung.

Tim Supervisi dari Mabes Polri dipimpin Brigjen Pol. Drs. Mulyadi Kaharni, MSi (Karotekom Div TIK Polri) dengan anggota Kombes Pol. Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto (Kabagdukminops Robinops Sops Polri), Kombes Pol. Drs. Sugeng Hadi Sutrisno (Kabagnev Ropid Divhumas Polri), AKBP Kisnadi (Kasubbagren Bagrenmin Divpropam) ikut serta dalam pemantauan, termasuk para pejabat utama Polda. Rombongan yang menggunakan bus bergerak dari Perumahan Pejabat Utama Polda.

PMB OPBJJ-UT Sorong

Beberapa gereja yang dikunjungi di antaranya Gereja Maranatha Kotaraja, Gereja ST Agustinus Brawijaya.

Kapolda mengatakan, beberapa hari sebelumnya telah diimbau agar pelaksanaan ibadah Natal dan Tahun Baru menerapkan protokol kesehataan, jamaat memakai masker, disediakan tempat cuci tangan, serta tempat duduk dibuat berjarak. Ini dimaksudkan untuk menghindari penularan Covid-19.

“Kita mengecek sejauh mana pelaksanaan ibadah Natal dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bagaimana tata ibadah,” tutur Kapolda.

Saat mengecek pelaksaan ibadah di Gereja Maranatha, Kapolda dan rombongan disambut hangat para pengurus gereja. Kapolda bahkan dipersilakan masuk ke dalam gereja untuk mengecek.

Kapolda menyatakan, pihak gereja telah betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk dalam gereja, jemaat diukur suhu tubuhnya serta memakai masker.

“Setelah saya cek ternyata memang telah memenuhi ketentuan sesuai aturan dari Polri maupun Menteri Agama. Tata ibadah menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Saya lihat semua pakai masker dan ada jarak,” ujaranya.

Dikatakan Kapolda, dalam perayaan Natal tahun 2020, Polri tidak hanya melaksanakan pengamanan dan antisipasi ancaman aksi teror, tetapi juga memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Sejak awal kita sudah imbau jemaat tidak membawa tas besar sebagai upaya pencegahan aksi teror,” tandas Kapolda.

Dalam upaya pencegahan teror ini, Gegana Brimob Polda Papua Barat, melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja besar di dalam kota Manokwari.(lm)
.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed