oleh

Pansus Minta 2 Cawabup Segera Diajukan

SORONG – Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Bupati Maybrat sisa masa jabatan 2017-2022 mengingatkan kepada empat partai pengusung SAKO yang memenangkan pilkada 2017, agar secepatnya mengajukan dua nama calon Wakil Bupati Kabupaten Maybrat. Hal tersebut dibahas dalam diskusi Pansus pada Senin (12/4) di salah satu kafe di Kota Sorong.

”Waktu Pansus tersisa 3 hari, oleh sebab itu Pansus sangat mengharapkan kerjasama, pengertian dan dukungan yang baik bagi para partai pengusung agar secepatnya mengajukan 2 nama calon wakil bupati,” kata Ketua Pansus Pemilihan Wakil Bupati Maybrat sisa masa jabatan 2017-2022, Thomas Aitrem kepada Radar Sorong, kemarin.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, Pansus telah melakukan pleno pada  tanggal 15 Maret 2021 tentang pendaftaran calon wakil bupati, dilanjutkan dengan verifikasi berkas. Pansus telah menetapkan untuk mengembalikan berkas calon wakil bupati karena calon yang didaftarkan  lebih dari dua orang, yakni 3 orang, dan partai pengusung ­mereekomendasikan 4 nama calon wakil bupati.

”Berdasarkan amanat UU menghendaki harus 2 orang. Maka, kami Pansus pada 15 Maret 2021 melakukan pleno dan mengembalikan berkas calon wakil bupati kepada pimpinan partai pengusung yakni Golkar, PDI Perjuangan, Nasdem dan PKS. Kami juga memberikan waktu kepada partai pengusung selama 30 hari terhitung 15 Maret hingga 15 April 2021 untuk kembali mengusungkan 2 nama saja,” terangnya.

Bila dalam jangka waktu 3 hari ke depan atau sampai batas akhir pendaftaran tanggal 15 April mendatang, partai pengusung tidak menyikapi maupun menyurati Pansus, maka Pansus akan melakukan tahapan konsultasi secara berjenjang baik di biro hukum Provinsi Papua Barat, maupun Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya, Pansus akan  mengajukan ke pimpinan DPRD untuk melaksanakan rapat paripurna pemberhentian kerja pansus. Jika kerja Pansus diberhentikan, maka Bupati Maybrat sendiri yang akan menjalankan pemerintahan tanpa didampingi Wakil Bupati hingga masa jabatannya berakhir.

”Kami meminta keseriusan dari partai pengusung untuk cepat menyikapi dan mengusulkan dua nama secara tertulis dengan dasar yang kuat kepada pansus agar Pansus tindaklanjuti sebagaimana mestinya,” pungkasnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed