oleh

Pangkormada III:Wasrik Itjen TNI adalah Mitra Kerja

-Manokwari-580 views

SORONG-Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., mengatakan Tim Pengawas dan Pemeriksaan Inspekturat Jenderal TNI (Wasrik Itjen) TNI merupakan mitra kerja yang akan mampu mengupayakan solusi pemecahan permasalahan secara komprehensip, dalam rangka mewujudkan postur dan kinerja yang lebih optimal serta pencapaian penilaian “Wajar Tanpa Pengecualian”. 

Untuk itu, Pangkoarmada III mengharapkan bahwa Wasrik dari Tim Itjen TNI ke Koarmada III dan jajaran dapat membawa manfaat bagi kemajuan Koarmada III dan jajaran dalam menghadapi tugas dan tantangan serta perkembangan lingkungan strategis saat ini dan yang akan datang.

Hal tersebut dikemukakan Pangkoarmada III dalam sambutannya pada acara pembukaan Wasrik Itjen TNI di Mako Koarmada III, Jumat (9/8). 

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada III menegaskan kepada seluruh Satuan Kerja  Koarmada III untuk menerima Tim Wasrik Itjen TNI dengan sebaik-baiknya dan memberikan dukungan informasi maupun data yang dibutuhkan selama Tim Wasrik Itjen TNI melaksanakan tugasnya, sehingga keberhasilan tugas Tim Wasrik dapat tercapai dan bermanfaat bagi peningkatan pembinaan di Koarmada III.

Dikatakan bahwa Wasrik ini  merupakan upaya dari Inspektorat Mabes TNI dalam menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan terhadap daya guna, tertib hukum, tertib administrasi dan tertib tindak atas kegiatan pelaksanaan pembinaan kemampuan Koarmada III berdasarkan kebijakan dan perundang-undangan yang berlaku. Kehadiran Tim Wasrik Itjen TNI memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi. 

“Keberadaan lembaga pengawas dan pemeriksa, pada   hakikatnya merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja suatu organisasi sebagai realisasi dalam reformasi birokrasi serta melayani, guna mendukung kebijakan pemerintah yang bersih dan berwibawa atau clean government dan good governance,” ujarnya.

Menurut Pangkoarmada III bahwa makna dari pengawasan dan pemeriksaan ini merupakan suatu wahana yang tepat dalam mengecek pelaksanaan reformasi birokrasi dan berbagai kebijakan serta arahan yang telah digariskan oleh Pemimpin TNI. Melalui kegiatan ini akan dapat disampaikan berbagai temuan dan koreksi yang perlu diantisipasi secara dini oleh seluruh jajaran TNI dalam rangka meningkatkan optimalisasi pembinaannya. Selain itu juga merupakan sarana yang efektif untuk menampung aspirasi dan permasalahan yang dapat menghambat di dalam pencapaian tugas TNI, tegasnya. 

Sementara itu, Irum Itjen TNI mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya audit kinerja ini untuk memberikan penilaian atas pencapaian prestasi atau kinerja dari Satker di lingkungan TNI dalam hal efektif, efisien dan, ekonomis pelaksanaan tugas dan fungsinya serta untuk mengungkap kemungkinan adanya indikasi penyimpangan (fraud), sehingga terwujud tata kelola yang baik dan pemerintahan yang bersih. (***/zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed