oleh

Pangkoarmada Resmikan Dimulainya Pembangunan Pura

-Metro-230 views

SORONG– Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E, M.M, melaksanakan peletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan Pura Jala Sukma Dharma di Komando Armada III Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Senin (11/5).  Pada kesempatan yang sama, Pangkoarmada III juga meresmikan penggunaan gedung dan fasilitas perawatan personel Koarmada III. 

  Acara peletakan batu pertama pembangunan Pura Jala Sukma Dharma tersebut diawali Upacara Pecaruan dan Mendem Banten Dasar serta persembahyangan bersama yang dipimpin Pinandita Lingsir Wayan Buda. 

  Acara peletakan batu pertama pembangunan Pura Jala Sukma Dharma dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, para Asisten Pangkoarmada III, Ketua PHDI Kabupaten Sorong Gde Adnyana, Wakil ketua DPRD Kabupaten Sorong Suwarji, dan perwakilan umat Hindu  yang berdomisili di Salawati.

   Pangkoarmada III dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Pura Jala Sukma Dharma merupakan salah satu upaya TNI Angkatan Laut untuk memenuhi kebutuhan fasilitas dan sarana tempat ibadah bagi Umat Hindu, agar lebih memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga rahmat dan karunia-Nya akan selalu menyertai dalam pengabdian TNI Angkatan Laut,  TNI, bangsa dan negara. 

  Adapun arti dan makna dari nama Pura Jala Sukma Dharma yaitu Pura: tempat, Jala: laut, Sukma: jiwa dan Dharma: kebaikan, sehingga dapat dimaknai secara keseluruhan adalah ibadah para Ksatria Laut untuk mencari dan belajar mendapatkan kebenaran dan kebaikan. 

   “Kita harapkan pembangunan Pura Jala Sukma Dharma ini dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan rencana, sehingga prajurit yang beragama Hindu dan umat Hindu di sekitar Salawati, Sorong dapat segera memanfaatkan fasilitas di tempat ibadah tersebut,” ujarnya.

  Dalam kaitannya peresmian gedung Denmako Koarmada III dan gedung fasilitas perawatan personel yaitu mess Pamen, mess Pama, mess Bintara, flat Pama, flat Bintara dan flat Tamtama, Pangkoarmada III menegaskan bahwa, penyiapan gedung tersebut merupakan salah satu upaya TNI AL untuk memenuhi kebutuhan fasilitas serta sarana tempat kerja dan perawatan personel yang representatif, agar dapat menumbuhkan rasa bangga sekaligus meningkatkan semangat kerja secara maksimal. 

  Di sisi lain, peresmian gedung ini merupakan wujud keseriusan TNI AL dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja serta kenyamanan prajurit Koarmada III.(**/rat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed