oleh

Pangkoarmada III Tabur 1.000 Ekor Benih Kakap Putih

-Metro-27 views

 Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) melaksanakan penaburan seribu ekor benih ikan kakap putih keramba jaring apung di dermaga Mako Koarmada III Katapop, Salawati, Kabupaten Sorong, Selasa (13/10/2020). 

 Pangkoarmada III bersama Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah dan para Asisten Pangkoarmada III juga menabur seribu ekor benih ikan lele di tambak air tawar kawasan Mako Koarmada III. Budidaya ikan kakap putih di keramba jaring apung dan budidaya ikan lele di tambak air tawar merupakan percontohan bagi nelayan agar semakin produktif.

 Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III juga meninjau perkebunan tanaman bahan pokok dan sayur-sayuran yang dikoordinir Dispotmar Koarmada III.  Dalam releasenya, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada III, Kol Laut Drs Abdul Kadir , M.A.P mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini, baik budidaya ikan kakap putih, ikan lele dan perkebunan merupakan salah satu upaya Dispotmar Koarmada III dalam rangka mendukung program nasional ketahanan pangan.

 Salah satu tugas TNI Angkatan Laut pada masa damai berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 pasal 9 adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Implementasi tugas tersebut, Dispotmar Koarmada III melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim dan berbagai kegiatan fisik, salah satunya adalah Dispotmar Koarmada III melaksanakan budidaya ikan kakap putih dengan menggunakan keramba jaring apung laut di perairan Pantai Katapop, Kab. Sorong.

 Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat desa pesisir dalam usaha pembudidayaan ikan laut dengan menggunakan keramba jaring apung laut dengan memperhatikan kelayakan aspek ekonomis, teknologi dan manajemen budidaya ikan dengan pola kebersamaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa pesisir, khususnya desa binaan Koarmada III di wilayah Papua Barat yang diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

 Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun karakter masyarakat dan budaya bangsa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu gotong royong dan tolong menolong dalam membangun untuk kesejahteraan masyarakat. Interaksi antara Prajurit Koarmada III dengan masyarakat melalui budidaya ikan dan perkebunan akan membantu mengatasi kesulitan masyarakat desa pesisir di Katapop dan sekitarnya. (**/juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed