oleh

PAD Bisa Capai Rp 30 M per Tahun

-Sorong Raya-593 views

Kalau Semua Potensi Sumber Penerimaan Dikelola dengan Baik

 TEMINABUAN – Berdasarkan hasil kajian Tim Universitas Paramadina Jakarta, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Sorong Selatan (Sorsel) setiap tahun bisa mencapai Rp.30 Miliar. Kalau semua potensi sumber penerimaan dikelola dengan baik. Untuk itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima harus bangkit dengan mengoptimalkan obyek atau semua sumber penerimaan. Hasil studi potensi PAD oleh Universitas Paramadina Jakarta ini luar biasa. Saat ini penerimaan PAD masih sangat kecil, padahal banyak potensi daerah yang bisa mendongkrak PAD jika dikelola secara optimal. Pemkab Sorsel bekerjasama dengan Universitas Paramadina Jakarta, untuk memberikan pendampingan dalam mengelola berbagai potensi yang ada sebagai sumber penerimaan PAD. Kerjasama ini dalam rangka mengoptimalkan sumber-sumber penerimaan PAD. Demikian penegasan Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE saat membuka kegiatan Sosialisasi Hasil Studi Potensi Penerimaan PAD Kabupaten Sorsel di ruang rapat kantor Bupati Sorsel baru-baru ini.

 Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, kerjasama yang sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu, Universitas Paramadina Jakarta telah melakukan studi potensi terhadap semua obyek yang bisa menjadi sumber penerimaan PAD. Hasil dari studi potensi tersebut dipaparkan langsung oleh pihak Universitas Paramadina kepada Pemkab Sorsel, khususnya OPD penerima. Oleh karena itu pihaknya meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan OPD penerima dapat menguasai dan memahami hasil studi tersebut dengan cermat, sehingga berdampak bagi peningkatan PAD Kabupaten Sorsel ke depan.

 Sementara itu dosen Universitas Paramadina Jakarta Ahmad Khoirul Umam, Ph.D yang hadir bersama tim dalam memaparkan hasil studi potensi PAD Sorsel mengungkapkan, Kabupaten Sorsel memiliki banyak potensi sumber PAD, namun belum dikelola secara optimal. Oleh karena itu dalam studi yang dilakukan, ada sejumlah catatan penting yang patut menjadi perhatian Pemkab Sorsel. Dari sejumlah catatan tersebut, hal yang sangat penting disoroti adalah perlu adanya aturan sebagai dasar pijak pengambilan kebijakan, mulai dari pembuatan Peraturan Daerah (Perda) dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati (Perbup). Selain itu juga perlunya peningkatan sumber daya manusia (SDM) semua OPD teknis pengelola dan penerima pajak, peningkatan koordinasi OPD, memperkuat komitmen bersama dan sejumlah catatan penting lainnya. (jus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed