oleh

Otsus Percepat Pembangunan dan Kesejahteraan

-Metro-27 views

Salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Sorong, Soleman Suu menilai, Program Pemerintah Pusat melalui Otsus bertujuan untuk mendorong  percepatan pembangunan masyarakat di Papua dan Papua Barat. Banyak hal yang mengalami perubahan seperti peningkatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dan peningkatan pelayanan kesehatan juga membangun sarana prasarana seperti perbaikan jalan, jembatan, listrik dan air bersih. 

“ Otsus ini bertujuan agar kesejahteraan masyarakat di wilayah Papua dan Papua Barat, cepat sejajar dengan masyarakat lainnya di Indonesia,” terangnya.

Untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat, pemerintah pusat dan daerah juga memberikan bantuan program di sektor ketahanan pangan seperti bantuan bibit dan peralatan pertanian. Harapannya masyarakat dapat menjadi sentra pangan, minimal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di lingkungannya. Belum bantuan-bantuan lain seperti dana Bansos yang dapat digunakan untuk pembangunan rumah layak huni maupun untuk merenovasi rumah-rumah masyarakat.

“ Tujuan pemerintah tidak lain untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Papua. ini harus disambut dengan baik, belum lagi kucuran dana desa yang diterima setiap tahunnya,” tuturnya.

Menurutnya ada pro dan kontra itu hal biasa, namun hal yang penting adalah, dengan begitu besarnya anggaran yang dikucurkan ke daerah, maka pemerintah di daerah harus mampu mengelola anggaran tersebut untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat juga harus berpikir maju dengan komitmen untuk sejahtera.

“Saya berharap Pemerintah Daerah dapat mengelola dengan baik dan transparan untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga masyarakat bawah bisa merasakan dan menikmati pembangunan. Dari pengalaman Otsus yang sedang berjalan saat ini, tentunya ada kekurangan misalnya  ada yang kurang tepat sasaran dalam merealisasikan di lapangan, hendaknya jadi bahan renungan serta evaluasi di internal daerah,”tuturnya.

Dikatakannya, jika pengelolaan pengelolaan dana Otsus maupun program lain dari sumber dana lainnya dilakukan dengan baik, maka penuh keyakinan tak aka nada penolakan dari masyarakat.  Jika dibutuhkan dapat dibentuk tim audit khusus yang bertugas mengontrol jalannya dana Otsus sehingga dapat terhindar dari penyimpangan.

 Ia menambahkan, Pemerintah Pusat tentunya memiliki penilaian, punya ‘mata dan telinga’ untuk mengawasi pelaksanaan semua program-program tersebut. “ Dana Otsus ini bagus, tinggal pengelolaan, makin banyak tentunya makin baik, dengan syarat harus dibentuk lembaga pengawas yang diambil dari tokoh masyarakat, mahasiswa dan LSM atau Ormas untuk mengawasi serta mendampingi pelaksanaan di lapangan,” tandasnya seraya berpesan akan seluruh lapisan masyarakat menjaga Kamtibmas,  tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang dapat merusak persatuan dan kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik,.Walaupun masih ada sebagian kelompok masyarakat yang menolak perpanjangan Otsus, hal tersebut bisa dimaklumi dan sesuatu hal yang wajar dalam dinamika berdemokrasi. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat menaruh harapan besar terhadap adanya Otsus untuk membawa perubahan lebih baik bagi kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.(**/rat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed