oleh

Operasi Zebra, Petugas Jaring Puluhan Kendaraan

-Sorong Raya-395 views

KAIMANA – Hingga Selasa 29 Oktober 2019 kemarin, genap sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Mansinam (OZM) 2019, sejak dimulainya tanggal 23 Oktober 2019 lalu, dan akan berakhir pada tanggal 5 November 2019 mendatang. Sepekan pelaksanaan operasi ini, petugas Kepolisian Polres Kaimana berhasil menjaring puluhan kendaraan bermotor. 

Puluhan kendaraan ini ditilang oleh petugas Kepolisian, karena sang pengendara tidak bisa menunjukan surat kelengkapan kendaraan saat diperiksa dalam operasi ini. Karena sasaran pelaksanaan operasi zebra ini adalah, agar masyarakat patuh terhadap aturan. 

“Operasi Zebra dengan sandi Mansinam tahun 2019, operasi ini berlangsung selama dua minggu. Dan sudah kami laksanakan sejak tanggal 23 Oktober lalu, sasarannya yakni kelengkapan surat kendaraan seperti SIM, STNK, TNKB, serta alat kelengkapan kendaraan lainnya. Sampai hari ini, kami sudah menilang kurang lebih 50 puluhan kendaraan, jumlah ini memang yang benar – benar fatal dan perlu penindakan,”Jelas Kapolres Kaimana, melalui Kasat Lantas Polres Kaimana Iptu. Muhamad Sain, SH kepada awak media di Mapolres Kaimana, Selasa (29/10) disela – sela pelaksanaan operasi. 

Dikatakan, jika dilihat waktu pelaksanaan yang sudah sepekan berjalan namun jumlah kendaraan yang berhasil ditilang boleh dikatakan rendah. Karena menurut Kasat Lantas, pihaknya belum optimal dalam menggelar operasi tersebut. Karena pihaknya, terfokus terhadap kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kaimana, 27 Oktober lalu. 

“Kita tidak terlalu fokus terhadap kegiatan operasi ini, karena kami sendiri dilibatkan dalam pengamanan kunjungan Presiden ke Kaimana. Dalam operasi ini juga, kami tidak semerta – merta langsung melakukan tindakan hukum, akan tetapi lebih kepada tindakan persuasif terlebih dahulu,”terangnya. 

Kasat Sain juga menuturkan jika, pelanggaran lebih didominasi oleh pengendara kendaraan roda dua. Dan dirinya juga berharap, melalui kegiatan operasi ini masyarakat lebih faham dan taat terhadap aturan berlalu lintas. Serta Kasat juga menghimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati – hati dijalan raya saat berkendara karena keluarga menanti dirumah. 

“Motor lebih mendominasi karena memang, jumlah motor meningkat di Kaimana. Dan saya berharap, melalui kegiatan operasi ini masyarakat lebih sadar taat aturan. Dan kami juga menghimbau untuk, lebih berhati – hati saat berkendara, karena keluarga menanti dirumah,”pungkasnya. (fat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed