oleh

“Operasi Pengamanan” Satkopaska Mendarat Sempurna

-Metro-27 views

Dua Tim SatuanKomandoPasukanKatak(Satkopaska) KoarmadaIII berjumlah 14 personel kembali melakukan operasi pengamanan melalui Udara dengan sebuah HelijenisbellHU-4027. Satkopaksa Koarmada III mendarat sempurna dengan Tali dari atas helikopter tanpa menggunakan pengaman apapun dengan membawa senjata.

Tim Satkopaksa Koarmada III mendarat tepat di Lapangan Makoarmada III Kota Sorong, pendaratan tersebut sebagai rangkaian dari Latihan K-1Taktik Tempur Satkopaksa Koarmada III yang dipimpin oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmada III, Letnan Kolonel Laut (P) Yudo Ponco Ari.

Komandan Satkopaska Koarmada III, Letnan Kolonel Laut (P)Yudo Ponco Ari menjelaskan, latihan ini disebut dengan praktik Fast Rope, yang merupakan teknik menyebarkan (Deploy) pasukan dari udara ke darat baik di geladak KRI maupun diaplikasikan di tempat pengeboran minyak.

“Jadi mereka turun tanpa menggunakan pengaman apapun. Hanya mengandalkan kekuatan tangan dan kaki,”jelasnya.

Dinamakan Fast Rope, tambah Yudo karena Fast artinya cepat dan Rope adalah tali yang tidak harus menempel pada sebuah dinding, berbeda dengan Rapling yang agak  lambat karena membutuhkan sistem  untuk tempelkan badan. Dengan Fast Rope, dapat menyebarkan  pasukan secara cepat sehingga pasukan bisa melaksanakan operasi. 

“Saat ini, Pasukan Katak telah melaksanakan latihan di lapangan terbuka.Kedepannya, akan diaplikasikan ke pengeboran minyak kemudian di geladak kapal pun bisa,”terangnya. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed