oleh

Ombudsman Papua Terima 27 Aduan

JAYAPURA – Sejak Posko Pengaduan Daring bagi masyarakat terdampak Covid-19 dibuka oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua pada 29 April 2020, tercatat hingga Senin 22 Juni 2020 pukul 18.00 WIT, total aduan yang masuk ke Posko Ombud­sman sebanyak 27 aduan. Pengaduan ­masyarakat mengenai bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 mencapai 21 pengaduan. 

Terbanyak kedua yang dilaporkan adalah bidang pelayanan transportasi sebanyak 3 aduan, keuangan 2 aduan dan 1 Laporan masih tahap validasi.  Sedangkan berdasarkan lokasi pengaduan, laporan terbanyak berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Kota Surabaya dan Jakarta. 

Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Papua, Sabar Iwanggin melalui Juru Bicara Ombudsman Melania P Kirihio,SH,MH menerangkan, pengaduan terkait bansos sebagian besar penyaluran bantuan yang tidak merata di wilayah sasaran.  ”Selain itu banyak juga pengaduan dimana masyarakat terdampak melihat tidak jelasnya prosedur dan persyaratan untuk menerima bantuan. Kemudian ada pula aduan karena kondisi masyarakat yang lebih darurat lapar namun tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dan terdaftar tapi tidak dapat menerima bantuan di tempat domisili karena KTP pendatang,” ­ungkapnya.

Sebaliknya lanjut Kirihio, Covid-19 mengakibatkan kelompok menengah yang rentan mendadak miskin. Oleh karenanya, akurasi data niscaya menjadi persoalan. Hal lainnya yang dilaporkan terkait tidak dapat menerima bantuan karena tidak memiliki KTP/KK.  Aduan tersebut, sudah ditindaklanjuti Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua dengan meneruskan kepada instansi terkait kemudian dimonitor atau diselesaikan dengan pola Respon Cepat Ombudsman (RCO).  Respon Cepat Ombudsman merupakan metode penyelesaian laporan secara cepat dengan koordinasi langsung ke instansi terlapor sebagai respons cepat terhadap pelayanan publik yang berisiko misalnya membahayakan nyawa manusia. 

Melania Kirihio mengatakan, Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua membuka Posko Pengaduan Daring Bagi Masyarakat terdampak Bencana Nasional  Covid-19 melalui tautan bit.ly/covid19ombudsman. Selain membuka pengaduan melalui tautan tersebut, Ombudsman juga menyediakan sarana komunikasi aplikasi whatsapp untuk mempermudah pelapor dalam menindaklanjuti aduannya di call center Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua Nomor: 08114822030. (al)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed