oleh

Nataru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

-Ekonomi-368 views

SORONG- Untuk perayaan Natal dan Tahun Baru (nataru), PLN UP3 Sorong memastikan pasokan listrik se Sorong Raya aman.
Manager PLN UP3 Sorong Martha Adi Nugraha mengatakan menjelang natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 kondisi saat ini secara sistem PLN UP3 Sorong memiliki pasokan listrik yang aman karena memiliki cukup cadangan daya.
PLN UP3 Sorong memiliki PLTD ada 2 yaitu PLTD Klasaman dan PLTD Klademak.Dimana wilayah kerjanya meliputi 6 Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) yaitu Sorong, Aimas Kota, Teminabuan, Fakfak, Kaimana dan Waisai.
Kelistrikan UP3 Sorong yaitu 64 isolated, daya terpasang 139.39 MW, daya mampu 114.34 MW, beban puncak 59.9 MW, cadangan daya 54.41 MW. Kemudian 14 sistem normal dan 50 sistem siaga. Total jumlah pelanggan 147.429

“Kita memiliki daya 139 dan beban puncak 59 yang merupakan beban tertinggi kita sehingga masih memiliki cadangan dyaa 54. Sehingga kalau daya mampu kelistrikan terhadap sistem Sorong ini masih aman,” ujar Adi Nugraha yang belum sepekan menjabat di Manager PLN UP3 Sorong.
Lanjut dikatakan, ada juga gardu induk (GI) yaitu 9 trf 315 MVA, GI Aimas, GI Arar, GI Sorong dan GI Rufei. Dengan jumlah trafo distribusi 1156 dan kapasitas trafo 162 MVA. Kemudian JTR yaitu kabel yang berbilit-bilit 1124.8 KMS.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Kami juga memiliki 1 tim khusus PDKB dengan 12 personel untuk timnya melakukan pekerjaan dalam kondisi tanpa padam,” katanya.
Pemadaman listrik di Kota Sorong dan sekitarnya terjadi biasanya karena dua hal yaitu pemadaman terencana yang memang dilakukan oleh PLN UP3 Sorong dan dibuat pemberitahuan atau pengumuman kepada pelanggan. Namun pemadaman tiba-tiba yang terjadi biasanya disebabkan oleh gangguan jaringan, pengaruh cuaca buruk atau gangguan alam serta pemadaman karena kesalahan manusia atau masyarakat sendiri.
Dia menambahkan terkait dengan pemadaman listrik, yang terjadi beberapa hari lalu itu disebabkan karena aktivitas masyarakat. Yang bisa dikatakan kurang bertanggung jawab, dimana masyarakat melempar benda-benda ke kabel jaringan kami.

“Salah satu penyebab terjadinya pemadaman listrik akhir-akhir ini seperti kita menemukan stik PS atau sepatu yang di lempar ke kabel jaringan. Tetapi kami berkomitmen untuk terus memajukan dan memperbaiki pasokan listrik kami untuk melayani masyarakat atau pelanggan kami,” katanya saat kunjungan ke Kantor Radar Sorong.
Silaturahmi ke Radar Sorong
Sebagai pejabat baru, Manager PLN UP3 Sorong, Adi didampingi 2 staf PLN, Heny dan rekannya kemarin (22/12) berkunjung Radar Sorong.
Kedatangan Manager PLN Sorong Adi Nugraha diterima Wakil Direktur Radar Sorong, Tupono, GM Akhmad Murtadho dan Pemimpin Redaksi, Rosmini.

Ia mengatakan kunjungannya ke Radar Sorong tak lain sebagai silaturahmi guna mempererat hubungan antara PLN dan Radar Sorong. “Sehingga tujuan kami untuk menjalin silaturahmi. Diharapkan kedepannya dengan rekan-rekan media menjadi partner yang baik. Artinya PLN dan media memiliki tujuan yang sama untuk memajukan masyarakat Kota Sorong,” pungkasnya.(Zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed