oleh

Natal Aman dan Hikmat

-Manokwari-93 views

MANOKWARI-Kepolisian Daerah Papua Barat (Polda PB) memantau secara keseluruhan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama perayaan Natal 25-26 Desember 2020  berlangsung aman dan hikmat serta mematuhi protokol kesehatan. Kapolda PB Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing menyampaikan ucapan terima kasih atas peran masyarakat telah menjaga keamanan dan toleransi antar umat beragama di Papua Barat.

  Kapolda Papua Barat mengatakan, jajaraannya menerjunkan personil ke sejumlah gereja, tempat keramaian untuk melaksanakan pengamanan. Pengamanan ibadah Natal ini dibantu TNI serta instansi terkait, dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

  “Kami menyampaikan terima Kasih atas dukungan semua lapisan masyarakat yang berbeda suku, agama dalam menjaga dan merawat toleransi sehingga pelaksanaan ibadah Natal di Papua Barat berlangsung aman, damai dan khidmat serta sehat,” tandas Kapolda, Senin (28/12/2020).

  Kapolda juga mengapresiasi panitia natal dan gereja serta masyarakat dinilai telah melakukan penerapan protokol kesehatan. Selain menyiapkan tempat cuci tangan serta menyediakan masker, pihak gereja juga memberlakukan jarak tempat duduk.

  Kapolda berharap, dalam menghadapi pergantian Tahun 2021 kondisi keamanan tetap dipertahankan, tetapi kesadaran menjaga protokol kesehatan perlu dijalankan secara optimal.

  “Kita menginginkan kedamaian tetapi juga kita harus sehat dari Virus Corona yang masih jadi ancaman nyata termasuk di Wilayah Papua Barat, maka patuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan serta hindari kerumunan,” himbaunya.

  Pada pelaksanaan ibadah Natal, Kamis 24 Desember, Kapolda  bersama Wakapolda Brigjen Pol. Patrige Renwarin memantau pelaksanaan ibadah Natal di sejumlah gereja di Manokwari. Untuk memastikan pengamanan, kenyamanan serta penerapan protokol kesehatan pencegahaan Covid-19 selama ibadah berlangsung.

  Tim Supervisi dari Mabes Polri dipimpin Brigjen Pol. Drs. Mulyadi Kaharni, MSi (Karotekom Div TIK Polri) dengan anggota Kombes Pol. Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto (Kabagdukminops Robinops Sops Polri), Kombes Pol. Drs. Sugeng Hadi Sutrisno (Kabagnev Ropid Divhumas Polri), AKBP Kisnadi (Kasubbagren Bagrenmin Divpropam) ikut serta dalam pemantauan, termasuk para pejabat utama Polda. Rombongan yang menggunakan bus bergerak dari Perumahan Pejabat Utama Polda.
Beberapa gereja yang dikunjungi di antara Gereja Maranatha Kotaraja, Gereja ST Agustinus Brawijaya.

  Kapolda menyatakan, pihak gereja telah betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk dalam gereja, jemaat diukur suhu tubuhnya serta memakai masker. “Setelah saya cek ternyata memang telah memenuhi ketentuan sesuai aturan dari Polri maupun Menteri Agama. Tata ibadah menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Saya lihat semua pakai masker dan ada jarak,” ujaranya.

  Dikatakan Kapolda, dalam perayaan Natal tahun 2020, Polri tidak hanya melaksanakan pengamanan dan ancaman aksi teror, tetapi juga memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Sejak awal kita sudah imbau jemaat tidak membawa tas besar sebagai upaya pencegahan aksi teror,” tandas Kapolda.

  Dalam upaya pencegahan teror ini, Gegana Brimob Polda Papua Barat, melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja besar di dalam kota Manokwari.(lm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed