oleh

Nakes Nusantara Sehat Berikan Banyak Manfaat

-Sorong Raya-397 views

Kapus: Sebagai Ucapan Terima Kasih, Digelar Ucapan Syukur dan Perpisahan

SORONG-Kepala Puskesmas (Kapus) Ayamaru Selatan, Novita Sagrim,S.Km kepada Radar Sorong, Senin (30/8) malam mengatakan, Puskesmas Ayamaru Selatan menggelar acara ucapan syukur, sekaligus perpisahan bagi tenaga kesehatan pada program Nusantara Sehat yang diperbantukan oleh Kementerian Kesehatan.

PMB OPBJJ-UT Sorong

“Tenaga kesehatan Nusantara Sehat ini didatangkan dari pusat, selanjutnya melakukan pelayanan di Kabupaten Maybrat, salah satunya di wilayah kami di Ayamaru Selatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, para Nakes bantuan dari Kementerian Kesehatan yang ditempatkan di daerah-daerah ini biasanya disebut 5 Nusantara Sehat Individu (NSI), yaitu terdiri dari perawat 2 orang, analist 1 orang, kesehatan lingkungan 1 orang dan satu orang dokter.

Kapus Ayamaru Selatan menuturkan, acara syukuran dan perpisahan yang digelar adalah untuk 4 orang Nusantara Sehat, 2 orang itu punya masa kontrak berakhir di bulan September 2021, dan 2 orang lagi berakhir di bulan Oktober. Dilakukan acara ucapan syukur sekaligus bersamaan.

“Untuk 1 orang dokter dari Program Nusantara Sehat, masa kontraknya berakhir di bulan Februari ditahun 2022,” sambungnya.

Kapus, juga mengatakan bahwa para nakes Nusantara Sehat tiba di tahun 2019. Dan banyak perubahan yang mereka buat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Ayamaru Selatan. Dengan adanya tim ini, Kami di Puskesmas Ayamaru Selatan dengan proses standar akreditasi, kami menjadi akreditasi madya. Itu semua atas koordinasi dengan mereka,” ungkapnya.

“Mereka salah satu tim Nusantara Sehat yang membawa banyak ide dan inovasi dengan standar pelayanan di Puskesmas kami. Sehingga Puskesmas kami bisa melakukan pelayanan sesuai dengan status akreditasi madya dan pelayan kami berjalan dengan standar SOP hingga saat ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain gaji per bulan dari Kementerian Kesehatan. Mereka juga mendapat insentif dari pemerintah daerah Khususnya Dinas Kesehatan Maybrat.

“Harapan kami kedepan, Kepada Pemerintah Kabupaten Maybrat bisa membantu kami dengan hadirnya Nakes Nusantara Sehat sehingga dapat di Puskesmas Ayamaru Selatan, maupun Puskesmas lainnya di Maybrat,” pungkasnya. (zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed