oleh

Nahkoda Kapal Tenggelam Belum Ditemukan

-Kaimana-3.556 views

KAIMANA – Sebuah kapal ikan dari Timika hendak menuju Sarmi, Minggu malam sekitar pukul 22.00 WIT, tenggelam di perairan Nusa Ulan Distrik Buruway Kabupaten Kaimana, akibat bocor lambung kapal setelah dihantam gelombang akibat cuaca buruk di perairan tersebut. Nahkoda kapal Eka Yadi hingga saat ini belum ditemukan, sementara 5 ABK dinyatakan selamat. 

  Dalam perjalanan, saat berada di perairan Nusa Ulan kapal dihantam cuaca buruk, yakni angin kencang disertai gelombang setinggi 3 meter. Akibat cuaca buruk menyebabkan, salah satu papan di lambung kiri kapal terlepas. 

PMB OPBJJ-UT Sorong

  Tiga puluh menit lamanya, kapal tersebut akhirnya tenggelam. Sejumlah ABK akhirnya harus menyelamatkan diri, di tengah badai namun nahkoda kapal Eka Yadi belum diketahui nasibnya hingga kini. 

  Sebanyak 5 ABK yang berenang dengan menggunakan pelampung secara bersama, akhirnya mencapai darat namun nahkoda yang menggunakan pelampung sendiri tidak diketahui keberadaannya sejak mereka berpisah di tengah badai. 

  “Setelah berenang menggunakan pelampung kami akhirnya mendapat daratan. Kami berjalan kaki menyusuri pantai hingga mencapai perkampungan Nusa Ulan. Bersama warga kami pun berupaya mencari nahkoda namun usaha itu tak membuahkan hasil,” jelas Jaenudin ABK kapal yang selamat kepada Radar Sorong di Kaimana, Rabu (23/12). 

  Kelima ABK kapal naas tersebut kini telah berada di kota Kaimana. Kapolres Kaimana melalui Kabag Ops mengatakan, langkah selanjutnya yakni akan dibuatkan laporan resmi terkait dengan kejadian naas ini. 

“Kami akan melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait dalam hal ini Basarnas, Pos Angkatan Laut dan Polair untuk melakukan upaya pencarian terhadap korban. Sesuai rencana besok hari Kamis akan kita mulai pencarian,” kata Kabag Ops ketika dikonfirmasi di Kaimana, Rabu (23/12). 

  Berikut nama 5 ABK yang selamat  yakni, Jaenudin 35 tahun, Arif 19 tahun, Indrasam 29 tahun, Agus 27 tahun dan Samsudin 37 tahun. (fat) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed