oleh

Nabi Ibrahim Tauladan Pengorbanan dan Ketaatan

-Berita Utama-1.066 views

Ribuan Umat Islam Laksanakan Shalat Idul Adha

SORONG-Ribuan umat muslim memadati Lapangan Yonif RK 762/VYSSorong melaksanakan shalat Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada hari  Minggu (11/8). Pantauan Koran ini, umat muslim yang juga memadati bagian trotoar dan jalan raya depan Makoyonif, sehingga ruas jalan pun ditutup.  Pelaksanaan shalat ied, bertindak sebagai Imam Ustad Syamsuddin Dattu,S.Pd,M.MPd dan Khotib H Muhammad Taslim,S.Sos yang juga merupakan Ketua Ikadi Kota Sorong. 

Dalam khotbahnya, Muhammad Taslim mengatakan, hari Raya Idul Adha adalah momen yang paling tepat untuk mengingat kembali kisah Nabi Ibrahim As yang merupakan bapaknya para Nabi. Teladan dalam pengorbanan, dalam dakwah, dalam keteguhan dan teladan dalam ketaatan adalah hal yang harus dicontoh oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. “Salah satu sosok yang bisa kita teladani sebagai Wali Allah yang tidak merasakan khawatir dan juga tidak bersedih atas apa yang menimpanya di jalan Allah adalah Nabi Ibrahim as, sebab ia bersedia mengorbankan anak kesayangannya,” ucapnya.

Dikatakan, Nabi Ibrahim adalah pembawa risalah kebenaran satu-satunya pada masa itu. Kaumnya berbuat syirik kepada Allah SWT, ada yang menyembah bintang dan ada pula yang menyembah berhala, dan bapak Nabi Ibrahim termasuk dari orang yang menyembah berhala. “Dakwah pertama yang dilakukan Nabi Ibrahim As adalah menyeru bapaknya kepada agama tauhid agar bapaknya mau mengikuti kebenaran yang dibawa oleh Ibrahim As,”ujarnya.

Maka itu, seluruh  umat muslim harus selalu bersyukur dan menjaga nilai-nilai ketaqwaan, karena taqwa yang akan menjadikan manusia mulia di sisi Allah. Bersyukur hari ini, umat muslim lainnya bersama segenap muslimin di dunia melantunkan takbir, tahmid dan tahlil sebagai wujud kesadaran sebagai hamba Allah SWT. “Lebih khusus saat ini lebih dari 2 juta umat Islam sedang melaksanakan haji di Makkatul Mukarromah, berbaur menjadi satu komunitas yang sama, umat Islam,” ujarnya.  

Sementara itu, pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan Hocky Kampung Baru, juga dipadati jemaah.  Demikian juga pelaksanaan shalat Idul Adha di alun-alun Aimas Kabupaten Sorong, dipadati ribuan umat muslim, termasuk didalamnya Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono,S.Sos,M.Si beserta beberapa pejabat daerah. 

Pelaksanaan Shalat Idul Adha dimulai sekitar pukul 07.15 WIT, diimami Maman Suryaman, sementara khatib dipercayakan kepada Suparman yang mengisahkan kembali perjalanan Nabi Ibrahim AS dengan memetik 4 poin utama yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari. Pelajaran pertama yang dipetik dalam perjalanan Nabi Ibrahim AS yakni berbaik sangka terhadap ketetapan Allah. Nabi Ibrahim melalui mimpinya, ia mengajak istri dan anaknya untuk menuju ke suatu tempat yang tidak memiliki tanda-tanda kehidupan untuk meninggalkan istri dan anaknya, Ismail AA dengan bekal makanan yang diyakini kurang.  Namun, Siti hajar memahami keputusan suaminya atas perintah Allah SWT dan meyakini Allah tidak akan menyia-nyiakan mereka. “Dari sini kita belajar, betapa Nabi Ibrahim dan istri yang selalu berbaik sangka atas ketetapan Allah SWT,” jelasnya. 

Selain itu, kesungguhan dalam menjemput rezeki juga digambarkan dalam perjalanan Siti Hajar untuk memberi minum kepada anaknya Ismail AS dengan berlari-lari kecil ke Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali, hingga akhirnya Siti Hajar kembali dan menemukan mata air dari kaki kecil Ismail AS.  “Sabar salah satu yang bisa dipetik dari kisah Nabi Ibrahim AS, dimana ia merelakan anak kesayangannya untuk ia sembelih seperti diperintahkan melalui mimpi Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang dengan sabar menerima apa yang telah ditetapkan Allah SWT. 

Dari seluruhnya, peran Orang tua dalam mendidik anak menjadi salah satu pesan yang disampaikan dalam perjalanan kisah Nabi Ibrahim as. Dimana Nabi Ismail as, dengan sabar dan ikhlas menerima ketetapan Allah SWT, seluruhnya karena didikan dari orang tua .  “Untuk itu, didikan orang tua sangat penting bagi kehidupan anak kedepannya,” pungkasnya. (juh/cr-49/nam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed