oleh

Mudahkan Tamu, Pemkot Sediakan “Peta Pandu”

-Metro-177 views

SORONG-Guna memudahkan pengunjung, tamu atau masyarakat yang datang ke kantor pemerintah Kota Sorong yaitu kantor Wali Kota Sorong dalam rangka meningkatkan pelayanan. Pemkot menyediakn “Si Peta Pandu” yaitu sistem pelayanan terpadu untuk tamu.

“Jadi tamu-tamu yang datang dalam urusan pelayanan berkunjung ke OPD-OPD maka wajib melapor kepada kami petugas di sini dengan memberikan identitas diri dan maksud kedatangan serta mau bertemu siapa,” kata salah satu Staf Bagian Umum Pemkot Sorong, Febryna Gareda, Sabtu (6/12/2020)

Lanjutnya, ketika pengunjung atau tamu yang datang memberitahukan maksud tujuan dan ingin bertemu siapa. Mereka juga wajib meninggalkan kartu tanda identitas diri. Seperti KTP, SIM atau identitas lainnya yang akan dititipkan kepada petugas Si Peta Pandu. Ketika selesai berkunjung maka kartu tersebut dikembalikan kepada pemiliknya.

“Nanti identitas mereka seperti KTP atau SIM dititip di kami dan kami akan memberikan kartu visit atau kartu tanda pengunjung sesuai tujuan mereka. Kami juga akan mencatat jam kunjungan mereka dan jam pulang mereka. Jadi kartu identitas mereka akan dikembalikan ketika mereka telah selesai berkunjung,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa ini memudahkan untuk para tamu yang datang berkunjung di Kantor Wali Kota Sorong. karena ada beberapa keluhan dari masyarakat atau tamu bahwa ketika ke kantor Pemkot ada yang ingin bertemu salah satu OPD tetapi bingung mau ke arah kantor yang mana.

“Ini memudahkan tamu karena sebagian  tidak tahu kantor OPD atau dinas ini di mana. Jadi mereka tidak akan bingung ke tujuan mereka. Biar tamu lebih teratur juga. Tidak asal masuk saja lurus-lurus tanpa melapor,” pungkasnya.

Salah satu tamu atau pengunjung Rini, mengakui bahwa awalnya kaget disamperin petugas. Dia juga bersyukur karena dengan begitu dia tidak bingung dan repot-repot mencari kantor dinas terkait yang ingin dia kunjungi. “Saya awalnya kaget tadi, karena baru masuk langsung ada yang datang tanya mau kemana. Kemudian di suruh isi identitas dulu. Saya pikir untuk apa, ternyata sudah aturan baru. Saya juga tadi bingung mau ke dinas sosial ikut mana. Mereka di luar sana, cuma bilang masuk saja lurus baru belok kanan. Kalau ada petugas begini, enak karena tadi ditunjuk bahkan ada yang antar,” akuinya.(zia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed