oleh

MRP Serahkan Rekomendasi DOB Maybrat Sau

SORONG – Sebanyak 9 anggota Majelis Rakyat Papua Barat  (MRPB) yang dipimpin Ketua Pokja Adat MRPB Wilayah Adat A3 Maybrat, Samuel Kambuaya,S.Sos, menyerahkan secara resmi rekomendasi dukungan MRPB terkait usulan pembentukan calon daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Maybrat Sau di Provinsi Papua Barat. Rekomendasi DOB Maybrat Sau diterima Ketua  Tim Inisiator Pembentukan Calon DOB Maybrat Sau, Arnol Lemauk,S.Sos, disaksikan perwakilan tokoh cakupan wilayah bawahan Maybrat Sau dengan antusias.

Prosesi serah terima rekomendasi DOB Maybrat Sau berlangsung Minggu (2/5) malam di Aula SMK YPK Imanuel Kota Sorong. Turut hadir menyaksikan prosesi penyerahan rekomendasi MRP, Wakil Ketua I DPRD Maybrat, Habel Howay,S.Sos, Agustinus Tenau,S.Sos,M.Si dan tiga anggota DPRD Maybrat. 

Ketua Pokja Adat MRPB Samuel Kambuaya mengatakan, usulan calon DOB Maybrat Sau merupakan aspirasi murni masyarakat Maybrat yang telah lama diperjuangkan, kurang lebih 14 tahun diperjuangkan bersama pemerintah Kabupaten Sorong, dan setelah ada pemekaran Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat, perjuangan itu terus dijawal sampai dengan saat ini. “Proses awal usulan calon DOB Maybrat Sau ini diawali dari Kabupaten Sorong di masa pemerintahan Steve Malak sampai berlanjut ke Bupati Jhon Kamuru,” ujarnya.

Menurutnya, usulan pemekaran Kabupaten Maybrat Sau merupakan upaya masyarakat dalam mencari solusi penyelesaian konflik ibu kota Kabupaten Maybrat yang berdampak secara sistemik terhadap keutuhan sosial sosial masyarakat A3 (Ayamaru, Aitinyo Aifat). “Momentum hari ini adalah momentum yang sangat penting dan strategis. Kami MRPB telah diundang oleh Tim Insiator Pemekaran Calon DOB Maybrat Sau untuk menyerahkan rekomendasi dukungan pembentukan calon DOB Maybrat Sau di Kabupaten Maybrat,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Maybrat, Habel Howay menjelaskan bahwa aspirasi perjuangan calon DOB Maybrat Sau adalah kebutuhan dan solusi penyelesaian konflik ibu kota Kabupaten yang berkepanjangan di bumi A3 Maybrat. Mengacu pada UU Nomor23 Tahun 2004 lanjut politisi Demokrat ini, perjuangan dan aspirasi pembentukan calon DOB Maybrat Sau tidak hanya didorong melalui aspirasi masyarakat tetapi menjadi kesepakatan atau konsensus bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai tindak lanjut dari rekonsiliasi penyelesaian konflik ibu kota Kabupaten Maybrat.  “Khusus untuk perjuangan DOB Maybrat Sau merupakan konsensus nasional yang telah disepakati dan ditandatangani bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Maybrat,” tandassnya. 

Dengan demikian lanjut Habel Howay, tim inisiator maupun pemerintah Kabupaten Maybrat dan pemerintah Kabupaten Sorong, tetap bersinergi menyamakan persepsi, memberi dukungan anggaran serta sama-sama mendorong hadirnya DOB Kabupaten Maybrat Sau yang dalam drafnya beribukota di Ayamaru.

Sementara itu, Ketua Tim Inisiator Pembentukan Calon DOB Maybrat Sau, Arnol Lemauk menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada MRPB yang telah menjawab aspirasi mereka warga masyarakat cakupan wilayah Maybrat Sau. Dikatakannya, perjalanan panjang perjuangan calon DOB Maybrat Sau telah memasuki babak akhir dengan diterbitkannya rekomendasi persetujuan pembentukan calon DOB Maybrat Sau oleh MRPB. “ Dokumen Maybrat Sau semuanya sudah lengkap, hanya tinggal satu yang dimintakan oleh pemerintah pusat yaitu rekomendasi persetujuan pembentukan calon DOB Maybrat Sau dari MRPB. Puji Tuhan dokumen itu ada, tinggal sampaikan ke pemerintah pusat untuk ditetapkan oleh pemerintah pusat,” katanya.

Pernyataan senada juga disampaikan Marthen Kambuaya, bahwa para pihak baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Maybrat dan seluruh pihak yang berkepentingan terkait dengan perjuangan pembentukan calon DOB Maybrat Sau, tim inisiator yang dilegitimasi dengan SK 234 kemudian diperbaharui dengan SK 135 tertanggal  21 April 2021 oleh Bupati Sorong, Dr. Jhon Kamuru,MSi, akan mengawal proses bersama-sama hingga terwujudnya DOB Kabupaten Maybrat Sau. (ris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed