oleh

Meski Sepi, Tradisi Coret Baju Masih Dilakukan

-Metro-36 views

SORONG-Pengumuman kelulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) se- Provinsi Papua Barat tahun 2021 tidak begitu ramai dirayakan pelajar SMA/sederajat. Namun, tradisi coret baju usai dinyatakan lulus masih tetap dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan oleh sejumlah siswa di salah satu SMA di Kota Sorong, Senin (3/5).

Saat ditemui Radar Sorong, Jalan Jenderal Sudirman Kota Sorong, sejumlah siswa sedang melakukan coret baju dengan menggunakan pilox sebagai tanda telah lulus dari masa putih abu_ abu) dan memasuki jenjang perkulihan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Sorong, Drs. Johanis Sagrim, MM menjelaskan, pengumuman kelulusan siswa dan siswi SMA Negeri 3 Model Kota Sorong diselenggarakan secara online melalui web sekolah. Dimana, sebanyak 338 siswa  dari 3 jurusan yakni IPA, IPS dan Bahasa dinyatakan lulus. 

“Penilaian kelulusan tahun 2021 ini tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, dimana perhitungan rata-rata nilai rapot semester 1 hingga semester 5 kemudian rata-rata penilaian akhir Sekolah (PAS) dan mendapatkan nilai akhirnya,”jelasnya kepada Radar Sorong, Selasa (4/5).

Terkait kegiatan coret-coret baju sebagai tradisi dari kelulusan,  Johanis Sagrim mengungkapkan bahwa pihaknya tidak tahu menahu, ia hanya mengumumkan kelulusan dari web (online) dan siswa tidak perlu datang ke sekolah

Berbeda dengan SMA Negeri 3 Model Kota Sorong, SMA YPPK Agustinus Kota Sorong mengumumkan kelulusan siswa secara langsung atau offline. Salah satu siswa SMA YPPK Agustinus Kota Sorong, Abner menjelaskan pengumuman kelulusan di beberapa sekolah SMA di wilayah Kota Sorong tidak secara langsung, namun khususnya SMA YPPK Agustinus Kota Sorong diumumkan secara langsung karena diberikan izin oleh Pemerintah Kota Sorong melalui Satuan Tugas Covid-19 Kota Sorong. (juh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed