oleh

Menyusuri Panorama Wisata di Misool

Subuhan di Atas Dermaga Nut Tonton

Raja Ampat memiliki keindahan alam yang tiada bandingnya, terutama terumbu karang dan panorama alamnya. Bagaimana keindahan panorama di Misool, berikut laporan Tupono.

Misool selama inj terkenal dengan hasil budidaya kerang mutiaranya, sedangkan untuk wisatanya masih kalah ekspose dibandingkan dengan Wayag, Piaynemo. Apa mungkin yang jaraknya agak jauh dari Kota Sorong?. 

Untuk mencapai Misool setidaknya butuh 6 jam perjalanan dengan kapal cepat Bahari Express. Dari Sorong berangkat 10.37 Wit, kapal yang menyusuri Selat Sele sambil menyaksikan sumur-sumur minyak di lepas pantai dan cerobong cerobong api gas buang didukung cuaca yang sedikit mendung kapal merapat di dermaga milik ASDP Folley pukul 15.40 Wit.

Di dermaga tanah besar Misool, kapal hanya sandar sekitar 15 menit saja. Setelah menurunkan penumpang kapal menuju arah Nut Tonton guna mengantarkan penumpang sekitar 40 orang. Dari Folley ke Nut Tonton butuh perjalanan satu jam. Kapal hanya berlabuh dan penumpang dan barang barang wisatawan diturunkan ke speed boat. 

Wisatawan sudah dibuat takjub dengan pemandangan karst (gunung-gunung karang) yang terlihat dari kejauhan. Ujung-ujung bukit yang menjulang tajam. Tiba di Nut Tonton, wisawan menempati home stay empat orang per kamar. 

Karena sudah sore, usai salat asyar langsung menceburkan diri di laut depan home stay. Malamnya  banyak yang duduk duduk di dermaga sambil mancing.  Ada yang dapat ikan hiu, cumi dan lainnya. Sekitar pukul 23.30 Wit, semua masuk kamar istirahat. Subhanallah, rombongan melakukan salat subuh berjamaah di dermaga, dengan tiap baris dua orang.  Salat berjamaah dipimpin imam H. Muslim.  Usai salat subuh, banyak yang minum teh atau kopi di dermaga, ada pula yang sambil macing.  Sedangkan ibu-ibu sibuk dengan senam pagi termasuk goyang Maumere sebelum tour wisata sehari penuh. (tupono/bersambung)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed